Pemasangan Granit di Jalan Masjid Menara Kudus Selesai 100 persen

Pemasangan Granit di Jalan Masjid Menara Kudus Selesai 100 persen

Kudus, isknews.com – Pemasangan granit di jalan kawasan sekitar Masjid Menara Kudus, kini sudah selesai keseluruhan, atau mencapai 100 persen. Namun meskipun demikian, masih perlu penyempurnaan dan finishing, sebelum jalan yang direhab ukuran luas sekitar 3000 meter persegi dengan anggaran sebesar Rp 9,817 miliar itu, difungsikan secara resmi.

Kepala Seksie Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, Umi Feriyanti, yang dihubungi isknews.com, Rabu (11/10), di ruang kerjannya, membenarkan hal itu. Menurut dia, secara fisik pembangunan jalan di sekitar Masjid Menara Kudus, bisa dikatakan sudah mencapai 100 persen dari target. “Secara keseluruhan, pemasangan granit di jalan sekitar Masjid Menara Kudus, sudah selesai. Hanya tinggal penyempurnaan dan finishing. Masih cukup waktu bagi rekanan untuk mengerjakan hal itu.”

Foto: Pemasangan Granit di Jalan Masjid Menara Kudus. (Dok. Isknews.com)

Mengenai kapan akan difungsikan jalan tersebut, dia mengungkapkan itu menjadi wewenang atau urusan Dinas Perhubungan, sedangkan Dinas PUPR yang berkaitan dengan fisik bangunannya. Fisik tersebut bukan hanya pembangunan jalan dan pemasangan granit, melainkan juga pembuatan drainase, gapura sebanyak tiga unit dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU). “Bagi kami yang penting, pekerjaan selesai tepat waktu dan sesuai speck.”

Proyek pembangunan jalan kawasan Masjid Menara Kudus, sebagaimana tercantum dalam tulisan di papan proyek, akan memakan waktu selama 180 hari kalender, atau sekitar enam bulan. Hal itu karena kegiatan yang dikerjakan tidak hanya peningkatan jalan, melainkan juga pembangunan drainase dan gapura pintu masuk ke kawasan Masjid Menara, sebanyak tiga buah di tiga lokasi yang letaknya terpisah, serta LPJU.
Untuk akses jalan, pada kawasan wisata religi Masjid Al Aqsha Menara Kudus yang dipasangi granit, sebanyak dua ruas jalan, yakni Jalan Menara dan Jalan Madurekso dengan ukuran panjang masing-masing 492, 7 meter 167 meter, lebar jalan rata-rata 5,10 m. Total anggaran atau beaya pembangunan proyek tersebut mencapai sebesar Rp 9.817.608.000. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Jasad Bayi Perempuan Ditemukan Di Sawah

Share This Post