Pembangunan Blok A Pasar Wergu Baru Tahap Satu Sudah Dekati 100 persen

Kudus, isknews.com – Pasar Wergu baru, yang diproyeksikan sebagai pengganti pasar wergu lama yang ber lokasi di eks stasiun Wergu Kudus, Pada pengerjaan tahap pertama ini sudah bisa dianggap selesai 100 persen, “tinggal bersih-bersih dan merapihkan sedikit lagi, paling sore ini juga kelar semua, “ ujar M. Fathoni, direktur PT. Mega Karya Prima, rekanan pelaksana pembangunan Pasar Wergu, di lokasi proyek  yang tak jauh Dari GOR Wergu Wetan Kudus tersebut kemarin (11/8).

Pasar Wergu yang oleh Pemkab diproyeksikan sebagai pasar induk untuk aneka komoditas sayur-mayur ini, dibangun diatas lahan seluas 22.000 meter persegi, pada tahap pertama ini menelan beaya 9 Milyar Rupiah lebih. “proyek yang kami kerjakan ini adalah site plan tahap satu yang di sebut blok A, yang meliputi 48 Kios dalam bentuk   2 lajur dan tiap lajur terdiri dari 24 Kios, sementara lajur kedua hanya 18 kios, karena bangunan yang seukuran seluas 6 Kios dialokasikan sebagai Kantor pasar, serta ditambah lagi 20 kios (ukuran luasan lebih kecil) yang diperuntukkan sebagai kios bubut ayam, yang memang selama ini lokasi pasar wergu lama dikenal sebagai pusatnya para perajin bubut ayam,” katanya.

Baca Juga :  Air Surut, Normalisasi Sungai SWD-1 Kembali Dilanjutkan

Ditambahkan oleh fathoni, dirinya memang menepati janji untuk menyelesaikan proyek selama 120 hari kerja, “Insya Allah tanggal 19 nanti, tepat 120 hari dan proyek yang telah selesai ini akan kami serahkan kepada pemberi pekerjaan, yaitu Disdagsar kudus,” tambahnya.

Seperti diketahui, Pasar Wergu baru yang sedang dibangun ini menghabiskan anggaran hingga Rp25 miliar. Dana tersebut bersumber dari bantuan gubernur (Bangub) sebesar Rp14 miliar dan Rp11 miliar dari APBD Kabupaten Kudus. Diharapkan pasar ini mampu menggantikan Pasar Bitingan yang saat ini sudah tidak representatif sebagai pasar induk.

Baca Juga :  Rusunawa Cepu Masih Terbengkalai

Tak hanya itu, di lokasi proyek pasar wergu baru ini jug sudah disediakan akses jalan yang representatif menuju pasar tersebut. Sehingga, arus lalu lintas masuk dan keluar pasar bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Kudus, Sudiharti dalam sebuah kesempatan menjelaskan,”pada lanjutan pembangunan pasar Wergu tahap kedua nanti, akan dikerjakan oleh PT. Rona Karya Prima dengan alokasi anggaran Rp. 13,96 M yang akan berkonsentrasi pada pembangunan Los Beras, sedang untuk relokasi pedagang Pasar Wergu lama ke Pasar Wergu yang baru, kata dia, ditargetkan mulai awal 2017 karena sesuai skedul diperkirakan bangunan pasar sudah jadi, meskipun belum sempurna,” katanya. (YM/ES)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?