Pembangunan Jembatan Getassrabi – Klumpit Sudah Mencapai 62 Persen

oleh

Kudus, isknews.com – Dinas PUPR Kabupaten Kudus, pada Tahun Anggaran (TA) 2017 ini, membangun sejumlah jembatan, baik rehabilitasi berat atau pun penggantian jembatan lama dengan bangunan baru.
Dari sebanyak 14 paket pengadaan jembatan yang dananya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus TA 2017 itu, Desa Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus yang paling banyak mendapat proyek tersebut, yakni sebanyak tiga paket, sementara desa lainnya hanya memperoleh satu paket.

Satu dari tiga paket jembatan di Desa Getassrabi itu, yakni Jembatan Getassrabi – Klumpit, pembangunannya masih terus berlangsung dan kini sudah mencapai sekitar 62 persen. Proyek pengganti jembatan lama yang dibongkar total itu, menghabiskan anggaran Rp 989,6 juta, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus TA 2017. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pelaksana pengadaan proyek, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Pembangunannya Mendekati Tahap Akhir Gedung Kesenian Di Taman Budaya Kudus Yang Artistik
TRENDING :  Tak Bisa Disertai Pelebaran Jalan Pembangunan Jembatan di Dersalam

Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Pemeliharaan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Kudus, Teguh Adi Rustanto, yang dihubungi isknews.com, Senin (25/09), saat melakukan inspeksi di lokasi proyek, mengatakan hal itu. Menurut dia, berdasarkan pengecekan kondisi bangunan dan laporan dari rekanan penyedia jasa, pembangunan Jembatan Getassrabi – Klumpit itu, sudah mencapai sekitar 62 persen. “Bagian utama bangunan, yakni badan jembatan sudah hampir selesai. gelagar dari batangan besi sudah terpasang, hanya tinggal pengecoran.”

Jembatan baru itu, lanjutnya, berukuran 6 x 6 meter. Selain lebarnya ditambah dari yang semula hanya 4 meter, ketinggian jembatan juga ditingkatkan 50 meter dari permukaan jalan. Pada sebelah utara jembatan, dibangun talud sepanjang 31,5 meter, untuk mencegah tebing sungai agar tidak longsor. “Pembuatan talud itu satu paket dengan pembangunan jembatan.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :