Pembangunan Jembatan Kesambi – Jojo Sudah Mencapai 70 Persen

Pembangunan Jembatan Kesambi – Jojo Sudah Mencapai 70 Persen

Kudus, isknews.com – Pembangunan jembatan yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, yakni Kesambi – Jojo, kini sudah mencapai sekitar 70 persen dari target. Jembatan dengan ukuran panjang 15,5 meter, lebar 6 meter itu, menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,475 miliar, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus TA 2017. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelaksana pengadaan proyek, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus.

Menurut Joko, pelaksana penyedia jasa yang mengerjakan jembatan tersebut, saat dihubungi isknews.com, Sabtu (04/11), di lokasi proyek, pekerjaan pembangunan yang sudah selesai dilakukan, adalah pengecoran pada bagian utama atau lantai jembatan, sementara untuk pagar yang terbuat dari batangan besi dan separo tembok, masih dalam proses penyelesaian. “Pengecoran dilakukan, setelah pemasangan grider sebanyak tiga batang selesai semuanya.”

Karena pada saat musim hujan sungai di bawah jembatan itu selalu meluap, jembatan baru pengganti jembatan lama yang dibongkar itu, ditinggikan 1,5 meter. Konsekuensinya, jalan di kedua sisi jembatan juga harus ditinggikan dengan ukuran yang sama. Sehinga ada pekerjaan tambahan yang satu paket dengan proyek tersebut, yakni pembangunan talud penahan jalan yang ditinggikan. “Talud penguat jalan yang ditinggikan, untuk yang jalan di sepanjang tanggul yang dipisahkan jembatan, sebanyak empat buah, masing-masing ukuran panjang 30 meter, sedangkan talud penguat jalan desa di dua arah, masing-masing panjang 5 meter.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Tim PKN Terima Kontrak Kerja Pembangunan Pelabuhan Tasik Agung Rembang

Share This Post