Pembaretan BAJA Sat Sabhara Polres Pati

oleh
Foto: Kasat Sabhara Polres Pati AKP Sugino menyiramkan air bunga salah seorang BAJA sebagai simbol mereka resmi bergabung di Satuan Sabhara. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – 20 anggota polisi berjibaku di sungai yang penuh lumpur. Mengenakan pakaian dinas lengkap serta memanggul senjata dan ransel, mereka berusaha menaklukkan sungai tersebut dengan merayap.

Itulah salah satu kegiatan tradisi pembaretan yang dilakukan Satuan Sabhara (Sat Sabhara) Polres Pati, ketika ada personil Bintara lulusan terbaru. Menurut penjelasan Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti melalui Kasat Sabhara AKP Sugino, kegiatan tersebut merupakan tradisi rutin yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan kerja sama.

TRENDING :  Sat Sabhara Polres Pati Berbagi Dengan Warga Miskin

“Selain itu juga untuk pengenalan wilayah bagi personil baru, sekaligus melatih kedisiplinan, mempererat hubungan senior dan yunior sehingga nantinya mereka akan terbentuk menjadi Bintara baru yang promoter,” terang Sugino saat ditemui di Mako Sat Sabhara, Senin (14-05-2018).

Kegiatan Pembaretan Bintara Remaja (BAJA) yang berlangsung pada Sabtu, (12-05-2018) lalu diawali dengan pemeriksaan kesehatan para personil, kemudian mereka diharuskan longmarch dengan rute Mako Sat Sabhara, Perumahan Rendole kemudian Lapangan Tembak, Gembong dilanjutkan menempuh perjalanan ke PTP Jollong dan kembali ke Mako.

TRENDING :  Guru SD Dikeroyok Belasan Preman Waduk Gunung Rowo Pati
Foto: Kasat Sabhara Polres Pati AKP Sugino menyiramkan air bunga salah seorang BAJA sebagai simbol mereka resmi bergabung di Satuan Sabhara. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

“Para BAJA ini tidak hanya kami beri latihan fisik tetapi juga latihan penggunaan borgol, evakuasi serta latihan Dalmas awal dan lanjutan. Sehingga ketika bertugas nanti mereka akan lebih sigap dan bisa menguasai situasi di lapangan,” imbuh Sugino.

Usai melakukan semua kegiatan yang menguras fisik, imbuh Sugino 20 Bintara Remaja dinyatakan resmi bergabung dengan Satuan Sabhara Polres Pati. Hal itu ditandai dengan penyiraman air bunga yang dilakukan oleh sejumlah Perwira Polres Pati yang hadir di area PTP Jollong.

TRENDING :  Polsek Batangan Terus Buru Sumber Kejahatan

“Penyiraman air bunga tersebut merupakan acara puncak Tradisi Pembaretan Bintara Remaja. Mereka sudah sepenuhnya bergabung dalam satuan kami. Semoga para BAJA ini mampu mengemban tugas dengan baik, dan selalu siap menjadi pengayom masyarakat,” pungkasnya. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :