Pemdes Pekalongan, Berikan Pelatihan Batik Pada Anak-Anak

Pemdes Pekalongan, Berikan Pelatihan Batik Pada Anak-Anak

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Untuk memberikan bekal ketrampilan kepada anak-anak, pemerintah Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati mencanangkan program pelatihan batik dan ukir kepada anak-anak usia sekolah.

Pelatihan ketrampilan yang dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu tersebut dimaksudkan untuk memberikan modal ketrampilan kepada anak-anak, diharapkan kedepan, anak-anak mampu untuk berkarya secara mandiri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Pekalongan Uhkwatur Roi, saat mengawasi pelatihan anak-anak di Sanggar Pelatihan beberapa hari yang lalu.

TRENDING :  Dua Cakades Golantepus Adu Program Dalam Penyampaian Visi Misi

“Kalau di sekolah istilahnya ya ekstra kurikuler. Nah kebetulan kalau setiap hari Minggu ini kan anak-anak libur sekolah, jadi kami dari desa juga ingin ikut berpartisipasi memberikan keterampilan kepada mereka melalui beragam kegiatan, di antaranya pelatihan membatik ini,” ujarnya.

Foto: Saat Memberikan Pelatihan Batik Pada Anak-Anak . (Dok. Isknews.com)

Apalagi katanya, batik saat ini sudah menjadi trend, baik di kalangan anak muda maupun orang dewasa. Batik tidak hanya dipakai ketika ada acara formal saja, namun sudah menjadi gaya dalam sehari-hari.

TRENDING :  Haryanto Hanya Menang Di Dua TPS Desa Blaru

Roi juga mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program desa yang sudah disepakati oleh komponen masyarakat dan sudah dianggarkan dari pemerintah desa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Ini salah satu langkah kami untuk memajukan Desa Pekalongan. Melalui hal-hal seperti ini, diharapkan tumbuh kreativitas dari warga-warga kami, tidak hanya dari golongan orang tua, tetapi sejak mulai anak-anak,” ungkapnya.

Lanjut, pihaknya berkomitmen untuk memacu pengembangan batik, sebab batik sendiri dinilai dapat menjadi salah satu sektor kerajinan yang dapat mendatangkan nilai ekonomi tinggi.

TRENDING :  Antisipasi Kekeringan, Pemkab Pati Siapkan 400 Tangki Air Bersih

Untuk itu perlu adanya pembinaan yang berkelanjutan, tidak hanya sekedar memproduksi tetapi juga membantu pemasaranya.

“Kalau hanya sekadar memproduksi saja, kemungkinan mudah. Namun kan tidak cukup hanya sebatas itu. Makanya, ke depan kami juga berupaya memfasilitasi produk-produk mereka ini bisa dipasarkan secara luas,” pungkasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post