Pemdes Purwokerto, Kembangkan Batik Dengan Bahan Pewarna Alami

by
isknews
Suasana Membatik di Desa Purwokerto. (Warno/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Purwokerto, Kecamatan Kayen, Pati, kembangkan batik memakai pewarna alami. Alasanya, Batik yang terbuat dari bahan pewarna alami mudah didapatkan di wilayah Purwokerto dan sekitarnya.

Selain mudah didapat bahan alami, ternyata batik tulis yang diproduksi mamakai bahan alami mempunyai nilai komersil lebih mahal dibanding menggunakan bahan pewarna buatan (sintetis).

Purtoyo, Kepala Desa Purwokerto mengatakan, bahwa di wilayah desanya masih kaya akan tumbuh-tumbuhan ekstra yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar pewarna batik.

TRENDING :  Kuota Haji Kabupaten Pati Ditambah
isknews
Suasana Membatik di Desa Purwokerto. (Warno/ISKNEWS.COM)

“Sengaja, Kami memilih bahan dasar zat pewarna untuk batik kami dari bahan-bahan alami, selain mempunyai nilai jual yang tinggi, bahan zat pewarna dari tumbuhan ekstra mudah didapatkan di daerah kami,” jelas Purtoyo. Saat ditemui di rumahnya, Jumat, (9-3-2018).

TRENDING :  Dua Perangkat Desa Manjang Resmi Dilantik

Selain banyak tumbuhan ektra di wilayahnya yang dapat dijadikan modal, upaya lain juga dilakukan Pemdes, yaitu memberikan pelatihan khusus kepada para pembatik. Tak tanggung, ada tiga orang pembatik yang dikirim ke Cirebon untuk mengikuti pelatihan membatik disana.

TRENDING :  Napi Lapas Kelas II B Pati Khataman Al Qur’an

KOMENTAR SEDULUR ISK :