Pemeriksaan IVA Dalam Rangka HUT Ke 71 Persit Kartika Chandra Kirana

Pemeriksaan IVA Dalam Rangka HUT Ke 71 Persit Kartika Chandra Kirana

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemeriksaan  Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) diikuti sebanyak 126 orang anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XL Jajaran  Kodim 0719 Jepara, bertempat di Rumah Sakit  Khotidjah Jepara, Kamis (30/3).

Kegiatan Pemeriksaan  IVA tersebut  dalam rangka memperingati  HUT ke- 71 Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2017. Ketua persit Kartika Chandra Kirana Cabang XL Kodim 0719 Jepara, Elly Basuki mengatakan, pemeriksaan IVA adalah bentuk kepedulian tentang kesehatan reproduksi wanita  khususnya anggota persit Kodim 0719 Jepara. Tujuan diadakan pemeriksaan ini untuk  mendeteksi dini dan menekan serta menurunkan jumlah penderitaan Kanker Servik.

TRENDING :  Praktek Pungli di Rutan Jepara Diungkap

“Para wanita tidak hanya tergerak secara mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini, tapi juga menjadikan deteksi dini menjadi kebutuhan sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti hasil Pemeriksaan”, ujarnya.

Untuk itu, Elly  berharap,  dengan kegiatan pencegahan dan pengendalian melalui m IVA dapat mencegah penyakit kanker. Deteksi dini penyakit kanker dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama Anggota Persit.

TRENDING :  Kodim Jepara Lakukan Pengecekan Persawahan Warga Yang Alami Kekeringan

Dalam pemeriksaan IVA ini ditangani langsung oleh Dr. Maria dan di bantu 3 Dokter dan 2 perawat , yang kesehariannya berdinas di Rumkit Khotidjah.

Sedangkan IVA adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. “Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker,” terangnya.

TRENDING :  Bangun Koordinasi dan Sinergi Dengan Perangkat Desa Di TMMD

Turut hadir dalam pemeriksaan IVA antara lain Dari DKK Jepara Dr.M. Fahrudin, Kepala Rumah Sakit Khotidjah serta para pengurus persit Kartika Chandra Kirana Cabang  XL Kodim Jepara.(*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*