Pemerintah Beri Beasiswa Khusus Santri dan Ustadz

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Pemerintah memberikan beasiswa khusus kepada santri dan ustadz untuk menempuh pendidikan Magister (S2) dan Doktoral (S3), baik di perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Pendaftaran program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini sudah dibuka mulai 15 November hingga 31 Desember 2018.

Hal itu dikatakan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama,  Dr. H. Ahmad Zayadi, M. Pd saat menghadiri Haflatul Hidzaq di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Desa Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, Jumat (16/11/2018).

Dikatakan Zayadi, Program ini ditujukan kepada 100 santri aktif, tenaga kependidikan di pondok pesantren minimal tiga tahun terakhir, dan pendidik, seperti ustadz dan ustadzah. “Program ini juga dapat diikuti oleh alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang saat terdaftar dalam pengembangan pondok pesantren tiga tahun terakhir,” ujarnya dihadapan ratusan santri penghafal Alqur’an di Kudus.

TRENDING :  Nabila Salwa Fasa Sabet Juara 1 Pemilihan Putri Model Miuland Hijab Nuth 2017 Se Jateng

Zayadi mengatakan program ini merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap lingkungan pondok pesantren, termasuk melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti para santri. Selain itu, program ini menjadi langkah lanjutan PBSB untuk pendidikan Sarjana (S1) yang diberikan Kemenag.

“Keilmuan yang selama ini dikembangkan pondok pesantren akan semakin meningkat karena mulai dari guru hingga santri mengalami peningkatan keilmuan dari program ini, sehingga secara institusi dan keilmuan berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kudus HM. Tamzil dalam sambutannya berharap kepada anak -anak santri untuk asah, asih dan asuh, sehingga para santri bisa jadi panutan bagi masyarakat.

TRENDING :  Kudus Diwacanakan Jadi Sentra Penghasil Buah Bernilai Ekonomis

Lebih lanjut, kata Tamzil, dalam masa kepemimpinannya akan memberi penghasilan lebih kepada guru-guru madrasah dan maupun non madrasah. “Inilah wujud perhatian pemerintah dan penghormatan pemerintah, supaya guru – guru para santri lebih semangat dalam pencerahan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kami juga mencetak 500 orang wirausaha baru, dan termasuk kuota untuk santri juga kita buka.

KH. Muhammad Ulil Albab Arwani dalam ceramahnya juga berharap, dengan adanya acara Haflatul Hidzaq ini para santri lebih banyak- banyak ibadah dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga kenikmatan Allah yang diberikan kepada kita bisa bertambah nikmat dan bagi yang bersyukur kita akan ditambah dan ditambah nikmat kita.

TRENDING :  Ini Lo! Ciri Khas Pentol Muria yang Harus Kamu Tahu

“Mari kita mencotoh suri tauladan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari hari karena dengan mengikuti segala sifat dan perilakuNya, supaya kita akan mendapat Syafaat dari Allah SWT,” tuturnya

Dengan bersyukur, lanjut Yai Bab (sapaan akrab KH.M. Ulil Albab Arwani), kita akan dicintai Allah SWT dan juga akan terhindar dari azab Allah. Beliau menekankan untuk bersyukur dengan cara menjalankan perintah dan meninggalkan larangannya. “Dengan bersyukur Insya Allah kita akan selamat dari bencana bencana dari Allah SWT,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :