Pemerintah Dorong Pengentasan Kemiskinan Lewat Usaha Peternakan

by
Foto: Narasumber drh Anton Cahyono, veteriner Dispertanpangan Kudus saat memberikan materi ke tamu undangan. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

“Bapak-bapak dan ibu-ibu, kemiskinan itu bukanlah takdir. Karena itu, maka bisa dirubah oleh njenengansemua dengan tindakan sendiri. Caranya, dengan harus mau bekerja keras dan kerja cerdas. Mau menolong orang agar dapat menolong dirinya sendiri. Sekarang njenengan semua sudah diberikan bantuan modal ayam KUB. Maka jadikanlah ini sebagai modal awan kebangkitan menjadi lebih sejahtera,” tutur Sadiman Al Kundarto bersemangat.

TRENDING :  Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Mencetak Generasi Muda Berkarakter

Dwi Listyani SPt. Msi , Kasie Sarana Prasarana Usaha Peternakan Bidang Peternakan Dispertanpangan Kudus, menambahkan bahwa setiap Kepala keluarga miskin yang masuk program penanggulangan kemiskinan berbasis inovasi peternakan ini akan mendapatkan 5 ekor ayam KUB. Perinciannya, empat ekor betina siap bertelur dan 1 jantan.

TRENDING :  Program Jemput Bola Dukcapil, Mobile Pelayanan Admiduk Keliling Dari Desa Ke Desa

Setelah mendapatkan pengarahan tentang cara budidaya ayam KUB ini, mereka akan mendapatkan bantuan dibuatkan kandang di sekitar rumah masing-masing. Sedangkan ayam KUB-nya akan diserahkan setelah lebaran atau pemilihan kepala daerah.

“Kita semua memahami bila sebentar lagi lebaran, dikhawatirkan malah akan dikonsumsi sendiri. Padahal tujuan program ini, mereka mendapatkan penghasilan dari telur-telur dan berkembangbiaknya ayam KUB. Jadi sekarang kita berikan kandang dan pakan konsentratnya,” ujar Dwi Listyani.

TRENDING :  Keluarga Besar NU Gelar Salat Ghaib dan Doa Bersama di Mapolres Kudus
KOMENTAR SEDULUR ISK :