Pemerintah Dorong Pengentasan Kemiskinan Lewat Usaha Peternakan

by
ISKNEWS.COM
Foto: Narasumber drh Anton Cahyono, veteriner Dispertanpangan Kudus saat memberikan materi ke tamu undangan. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Wanita berjilbab yang akrab disapa Lilis itu, berharap koordinator penerima bantuan baik di Desa Lau maupun desa lainnya intensif melakukan pemantauan perkembangan. Sehingga apabila ditemukan suatu masalah bisa secepatnya diselesaikan.

“Dari provinsi sifatnya kan hanya monitoring, sedangkan yang pembinaan ke para penerima itu dari kita Bidang Peternakan Dispertanpangan Kudus. Nanti obat-obatan dan vaksinnya, kita yang melaksanakan ,” imbuhnya.

Sedangkan drh Anton Cahyono, veteriner Dispertanpangan Kudus, menerangkan cara beternak ayam KUB yang bisa dilaksanakan oleh para penerima bantuan. Program ini selain memberikan lima ekor ayam untuk setiap KK juga diberikan kandang dan pakan untuk konsumsi selama satu bulan.

TRENDING :  Innalillah, Jemaah Haji Asal Kudus Meninggal di Tanah Suci, Berikut Identitasnya

“ Satu bulan ini untuk menyesuaikan karena di lokasi asal ayamnya diberikan pakan konsentrat. Tetapi nanti kedepannya, disini akan diberikan pakan secara alami. Nah, caranya yaitu pada minggu pertama diberikan tiga perempat konsentrat ditambahkan makanan alam seperti sayuran, bekatul ataupun tetes tebu. kalau orang sini mungkin mengenal ledok Pada minggu kedua, konstrat dikurangi jadi setengah takaran. Lalu minggu ketiga, diberikan seperampatnya konsentrat. Nah, minggu keempat sisanya dan yg jumlah banyak dari pakan lokal. Maka ayam tidak akan stres. Sehingga akan menghasilkan telur yang banyak ,” papar Anton Cahyono.

TRENDING :  Tarif Moda Angkutan Wisata Religi Sunan Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :