Pemerintah Dorong Pengentasan Kemiskinan Lewat Usaha Peternakan

by
ISKNEWS.COM
Foto: Narasumber drh Anton Cahyono, veteriner Dispertanpangan Kudus saat memberikan materi ke tamu undangan. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Mengapa ayam KUB ? , sambung Anton, sebab ayam KUB lebih unggul dibandingkan ayam kampung biasa pada jumlah produksi telurnya mencapai tiga kali lipat. Berdasarkan perhitungannya, ayam KUB yang diberikan sebagai modal usaha bila dirupiahkan mencapai Rp 200 ribu perekor karena kondisi siap bertelur.

TRENDING :  Bupati Kudus Setujui Dibentuknya Tim Penanggulangan Dan Pengentasan Kemiskinan

“ Sehingga bapak-bapak semua anggaplah sudah diberikan modal satu juta untuk berternak ayam KUB, ditambah dengan kandang dan pakan. Karena ayam yang bertelur banyak cenderung enggan mengerami, maka bisa dititipkan ke ayam kampung lainya atau ayam KUB yang belum bertelur. Namun bisa juga dikoordinir untuk ditetaskan bersama menggunakan mesin penetas. Diperkirakan dalam waktu setengah tahun, dari lima ayam yang dimiliki bisa menjadi 100 ekor. Nah, punya usaha beternak sebanyak itu maka para penerima program sudah tidak bisa disebut miskin lagi ,” tandasnya. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :