Pemerintah Tak Serius Rawat Cagar Budaya

by
Pemerintah Tak Serius Rawat Cagar Budaya ISKNEWS.COM
Foto: Beberapa unsur bangunan pintu gerbang kaputren Majapahit yang ada di Desa Randole Kecamatan Margorejo sudah lapuk. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Bangunan atau benda cagar budaya seharusnya dirawat dengan baik. Pasalnya, benda peninggalan masa lalu akan bisa menjadi media pembelajaran bagi masyarakat saat ini dan nanti. Namun, beberapa bangunan dan benda cagar budaya di Kabupaten Pati terlihat sangat tidak terurus bahkan kondisinya memprihatinkan.

TRENDING :  Dandim Jepara Bersama Masyarakat Bandengan Nobar Film G.30/S PKI

Salah satunya adalah Pintu gerbang majapahit di Desa Randole Kecamatan Margorejo dan Gerbang Pentol Godi dan Blaru yang ada di kecamatan Pati Kota. Hal itu diungkapkan, pemerhati kebudayaan di Pati, Krisno saat ditemui, Jum’at (29-06-2018).

“Kondisi pintu gerbang Kaputren Majapahit yang ada di Desa Randole Kecamatan Margorejo cukup memprihatinkan beberapa terlihat lapuk. Selain itu juga Gerbang Pentol Godi dan Blaru yang tidak terawat,” ungkap Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pati.

TRENDING :  Mochtar Effendy : Petani Tak Perlu Khawatir Ketersediaan Pupuk

Dijelaskan, jika bangunan cagar budaya tidak dirawat dengan baik dikawatirkan dapat mempercepat pelapukan material bangunan. Padahal ini adalah aset berharga yang seharusnya dijaga dengan baik.

TRENDING :  Banjir Hampir Sepekan, Pemerintah Belum Salurkan Bantuan
Pemerintah Tak Serius Rawat Cagar Budaya ISKNEWS.COM
Foto: Gapura Penthol Blaru yang tak terawat. (Istimewa)

KOMENTAR SEDULUR ISK :