Pemilik Ribuan Botol Miras Divonis Denda 10 Juta

oleh
Foto: Suasana saat persidangan. (istimewa)

Jepara, ISKNEWS.COM – Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jepara, Demi Hadiantoro menjatuhkan denda Rp 10 juta subsider, dan satu bulan kurungan kepada Dwi Sulistyawati, pemilik ribuan botol miras yang disita Satpol PP Jepara, Selasa (13-03-2018). Banyaknya barang bukti yang disita menjadi pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidananya ringan (tipiring) ini.

PPNS sekaligus Kasie Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP, dan Damkar Jepara, Anwar Sadat mengungkapkan, total 1317 botol miras yang disita ini ditaksir bernilai sekitar Rp. 35 juta. “Pertimbangan hakim ini karena barang buktinya yang nilainya cukup besar. Baru kali ini persidangan tipiring dengan barang bukti yang cukup banyak, sehingga denda yang dijatuhkan cukup besar juga,” kata Sadat usai sidang, Kamis (15-03-2018).

TRENDING :  Puluhan Miras Diamankan Jajaran Polsek Juwana

Denda yang dijatuhkan kepada warga Kelurahan Kauman, Kecamatan Jepara ini juga mempertimbangkan, jika tersangka belum pernah dihukum. “Saat sidang, hakim sempat menskors sidang lantaran berkomunikasi dengan hakim-hakim lainnya untuk menjatuhkan denda kepada pemilik miras itu hingga akhirnya diputuskan denda sepuluh juta,” imbuhnya.

Sadat menambahkan, denda Rp 10 juta ini bukan yang tertinggi selama perkara tipiring miras di Jepara. Dari 14 kali sidang tipiring. kasus miras yang sudah digelar sejak 2016 lalu, denda tertinggi sebanyak Rp 12 juta kepada warga Bangsri. “Yang tertinggi justru hanya dengan barang bukti 12 botol ciu. Hanya saja yang bersangkutan sudah tiga kali menjalani sidang tipiring untuk kasus yang sama, sehingga hakim menambah denda yang diputuskan,” jelasnya.

TRENDING :  Satpol PP Sita Ribuan Botol Miras

Seperti diberitakan sebelumnya, Satpol PP Jepara menyita Ribuan botol minuman keras dari berbagai merek, Selasa (13-03-2018). Ribuan miras ini diamankan dari sebuah gudang di sekitar terminal lama turut Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara.

TRENDING :  Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Saat digerebeg, gudang tersebut dalam kondisi lengang. Namun demikian, beberapa waktu lalu, Satpol PP pernah menyita 1.157 botol miras di gudang yang ada di sebelah gudang yang kini digerebeg. Pada penyitaan kali ini, pihaknya mengamankan 1.317 miras berbagai merek. Mulai dari Proost hingga Anker Bir. “Penyitaan miras ini awalnya laporan dari masyarakat, jika di pojokan belakang terminal lama ada gudang penyimpan miras, setelah itu kita tindaklanjuti.” kata Anwar Sadat. (ZA/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :