Pemkab Berencana Pantau Langsung Peredaran Mie Mengandung Minyak Babi

by

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Menindaklanjuti beredarnya mie instan impor yang positif mengandung DNA babi, Pemkab Jepara mengaku segera melakukan pantauan di lapangan. Jika ditemukan, maka tindakan tegas akan dilakukan. Yakni dengan menyita produk yang dilarang beredar lantaran tak menyantumkan keterangan mengandung zat babi itu. Hal ini disampaikan oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Senin (19/6/2017).

Menurut Marzuqi, Pemkab Jepara juga segera mengeluarkan surat edaran terkait rilis Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengenai empat mie instan impor yang positif mengandung DNA babi. “Surat edaran berisi imbauan seputar produk yang oleh BPOM diinstruksikan untuk ditarik itu, serta agar warga berhati-hati dalam memilih produk konsumsi,” katanya.

Keempat produk yang dimaksud yakni Mi Instan U-Dong dan Mi Instan rasa Kimchi produksi Samyang, Mi Instan Shin Ramyun Ramen Black dari Nongshim. Terakhir, Mi Instan Yeul Ramen dari Ottogi. Marzuqi mengaku belum menerima instruksi langsung dari BPOM. Tapi pihaknya  segera membuat surat edaran. Sebab bagaimanapun hal ini harus ditindaklanjuti sebab merugikan masyarakat yang mayoritas muslim.

Kabid Perdagangan pada DInas Perindustrian dan Perdagangan Jepara Slamet Riyanto mengatakan, pihaknya pun menunggu surat tersebut sebagai landasan dalam bertindak.
“Karena memang barang impor, dimungkinkan beredar di toko modern atau swalayan. Tidak ada di pasar tradisional,” kata Slamet.

Menurut Slamet, pengalaman selama ini jika memang sudah ada larangan, maka jika produk tersebut beredar di pasaran, bisa dilakukan penyitaan. Hanya saja, secara prosedur tetap menunggu instruksi pusat atau Pemprov.

Sementara itu, pantauan di sejumlah toko modern, tidak dijual empat produk mie yang dilarang itu. Itu seperti di salah satu Indomaret di Pecangaan dan di Jalan RA Kartini Jepara. Hanya terdapat dua produk yang berasal dari produsen yang sama namun tidak masuk daftar larangan BPOM. Yakni mie instan goreng pedas rasa ayam dari Samyang dan Shin Ramyun dari Nongshim. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :