Pemkab Dan Kodim 0722 Kudus, Kerja Bakti Massal Bersihkan Bantaran Sungai Kaligelis

Pemkab Dan Kodim 0722 Kudus, Kerja Bakti Massal Bersihkan Bantaran Sungai Kaligelis

Kudus, isknews.com – Pemerintah Kabupaten Kudus bersama Kodim 0722 Kudus, pagi tadi gelar kerja bakti massal pembersihan sampah di bantaran sungai Kaligelis Kudus, acara yang diperkirakan melibatkan seribuan peserta digelar dalam rangka HUT Kabupaten Kudus ke 467 dan dalam rangka memperingati hari lahir TNI ke 71 tahun, Jum’at (30/9). Dengan tajuk Apel Karya Bhakti bersih-bersih Sungai Kaligelis di gelar sejak pukul 06.30 pagi.

Disamping melibatkan personel kodim 0722 Kudus, acara juga melibatkan hampir seluruh jajaran PNS dan Ormas serta Komunitas pecinta kebersihan lingkungan di Kudus, di buka dengan apel di atas ruas jembatan Ploso yang menghubungkan jalan HM. Basuno dan bertindak sebagai pimpinan apel Dandim 0722 Kudus Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Muspida Kudus, Para kepala SKPD se Kudus, Pleton Kodim 0722/Kudus, Pleton Polres Kudus, Pleton Dinas Cipkataru, Kades / Lurah dan perwakilan Perangkat Desa, Pleton BPBD, Pramuka, Perwakilan dari Perusahaan Kudus, Komunitas Suporter Sepak bola di Kudus (SMM), Komunitas Kresek unsur dari organisasi pemuda, organisasi masyarakat serta warga Kudus.

BACA JUGA :  Si tabung hijau 3 kg langka, masyarakat resah

Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus, Noor Yasin yang mempin dan ikut terjun langsung dalam kegiatan ini, menyampaikan, “acara ini tidak hanya sekedar kegiatan seremonial namun juga punya agenda peduli lingkungan dan kepedulian akan kebersihan bantaran sungai-sungai yang ada di Kudus, apalagi ini untuk menghadapi musim penghujan yang sudah mulai kita rasakan” ujar keduanya.

Sekda Noor Yasin menambahkan, “Agenda kerja bakti masal, sudah biasa kita lakukan setiap hari Jum’at, dengan istilah “Jum’at Bersih”, namun untuk kali ini bersama-sama rekan dari unsur TNI kita sengaja memfokuskan pada pembersihan Bantaran sungai Kaligelis,” tambahnya.

“Pemkab Kudus sendiri mengerahkan kendaraan operasional untuk mendukung kegiatan ini, mulai dari truk-truk sampah dan bentor-bentor sampah milik Dinas Cipkataru, juga Dinas BPESDM dengan personel dan kendaraan ekskavator yang ditugaskan membersihkan material-material yang menyebabkan pendangkalan aliran sungai dan sampah-sampah yang menghambat laju aliran Sungai,” jelasnya.

BACA JUGA :  Selamat Menjalankan Ibadah Sholat Magrib

Sementara itu, Ketua DPRD Kudus, Mas’an yang juga ikut turut langsung di lokasi, menyampaikan, menyambut baik agenda pembersihan sampah-sampah yang ada di bantaran sungai Kaligelis, sekaligus dalam acara ini, dirinya amenghimbau kepada warga untuk terus memperhatikan lingkungan bersih mereka, dengan tidak sembarangan membuang sampah di sungai, karena dampak yang diakibatkan bisa menjadi bencana utamanya banjir, dan tentusaja pemandangan yang tidak sedap'” katanya.

Menurut Dandim, Kerja Bakti massal ini tidak hanya difokuskan di jembatan Ploso namun juga di hampir semua bantaran sungai yang potensial memiliki timbunan sampah-sampah tinggi, Dandim menyebut ada tujuh spot yang perlu mendapatkan perhatian lebih. “Diantaranya,  Jembatan Desa Panjang, Jembatan Sucen, Jembatan Nitisoemito, Jembatan Desa Ploso, Jembatan Kedungpaso, Jembatan Tambaklulang dan Jembatan Jati Kulon,” ungkap Dandim.

BACA JUGA :  Seluruh Sekolah se Kecamatan Winong ikuti Kemah yang diselenggrakan pemuda Desa Kudur.

“Harapan kami, warga yang tinggal di sekitar Sungai Kaligelis, juga bisa ikut ambil peran untuk membersihkan Sungai terbesar yang melintas di Kabupaten Kudus ini, yang terpenting adalah kegiatan kebersihan lingkungan seperti ini harus senantiasa dilaksanakan oleh pribadi masing-masing kita sebagai masyarakat Kudus, Mari kita jaga kebersihan lingkungan mulai diri sendiri, cerminan Kota yang bersih adalah dari sungainya yang bersih, untuk itu mari kita ciptakan Kudus indah dan bersih. Air sungai mengalir lancar, sehingga mengurangi bahaya banjir di Kabupaten Kudus” kata Dandim di dalam sambutan apel. (GP)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post