Pemkab Jepara Bentuk Forum WPA di Tingkat Desa

oleh
Pemkab Jepara Bentuk Forum WPA di Tingkat Desa
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara membentuk forum Warga Peduli HIV/AIDS hingga tingkat desa. Hal ini sebagaimana dibentuk di Desa Balong, Kecamatan Kembang pada, Selasa (28-8-2018).
Forum WPA ini akan bertugas untuk melakukan identifikasi potensi risiko HIV/AIDS di wilayah masing-masing.

“Kecenderungan persebaran penyakit HIV/AIDS ini, tidak hanya di wilayah perkotaan, namun juga banyak ditemukan di wilayah pedesaan,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), DKK Jepara, dr. M. Fakhruddin dihadapan para calon WPA.

TRENDING :  Kepala Desa se-Kabupaten Pati Hadiri Workshop Evaluasi Sistem Aplikasi Siskeudes

Tahun ini, ia menargetkan 50 persen desa/kelurahan yang ada di Jepara, sudah terbentuk forum WPA. Sedangkan untuk tahun 2019, semua desa yang ada di Jepara sudah memiliki forum ini. “Saat ini kami sudah bergerak terus, tiap minggu lebih dari dua desa kami datangi,” tuturnya.

TRENDING :  80 Persen Caleg DPRD Pati Belum Memenuhi Syarat

Selain Desa Balong, untuk Kecamatan Kembang yang sudah dibentuk sebelumnya yaitu, Desa Tubanan dan Pendem. Pihaknya sengaja, menyisir ke wilayah yang berpotensi atau memiliki risiko tinggi penyebaran HIV/AIDS di Jepara.

Dalam pembentukan forum tersebut, semua pihak berkepentingan dilibatakan, sehingga peran aktif dalam upaya pencegahan HIV/AIDS bisa optimal. Mereka yang dianggap berkepentingan tersebut di antaranya adalah dari unsur tokoh masyarakat, penegak hukum dan keamanan, serta ulama.

TRENDING :  Bupati Harap Pasien Cukup Tertangani di Kudus

Sementara itu, tugas utama dari forum WPA ini, yaitu melakukan identifikasi potensi risiko HIV/AIDS, melakukan akses informasi dan layanan (penyuluhan, fasilitasi pencegahan, test dan konseling HIV, dll), terakhir adalah zero stigma dan diskriminasi. “Silahkan didata, yang memiliki risiko dan laporkan kepada bidna desa,” tuturnya. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :