Pemkab Jepara Wacanakan Berlakukan Jam Malam

oleh
Pemerintah Kabupaten Jepara
Foto: Bupati Jepara. (Zacky Alvian/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Jepara sedang menyiapkan peraturan untuk memberlakukan jam malam terutama bagi usia pelajar. Hal tersebut guna mencegah mereka melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya punya buah pikir mana kala didaerah kita ini, setidak-tidaknya ada Peraturan Bupati (Perbup) tentang jam malam, punya jam malam. Saya yakin apa yang terkait dengan pembinaan kita atas moralitas mereka kita akan menuai keberhasilan,” kata Bupati Jepara, Senin (5-3-2018) di Gedung Serbaguna Setda Jepara.

TRENDING :  Bulan Dana PMI Jepara Ditarget 2,1 Milyar

Buah pikir atas peraturan tersebut, menurut dia, akan membatasi para anak usia remaja dan pelajar berkegiatan di luar rumah rencananya sampai pukul 21.00 WIB. Setelah peraturan tersebut berlaku, Satpol PP akan melakukan tindakan mulai dari teguran hingga mengamankan anak-anak muda, yang kedapatan melanggar jam malam untuk dibina sebelum dikembalikan kepada orang tua. “Kami sangat berharap, ini masih menjadi angan-angan atau masih menjadi pola pikir kami, terkait dengan perilaku masyarakat kita, lebih-lebih anak-anak muda kita,” ujar Bupati.

TRENDING :  Agar Tetap Bertahan, Pemkab Jepara Mengaku Akan Perkuat Permodalan UMKM

Meskipun demikian, menurutnya, peraturan tersebut mengecualikan pelajar yang berada di luar rumah untuk mengikuti kegiatan sekolah atau remaja atas ijin dari orang tua.

Menurutnya, kasus-kasus dan tindakan yang mengarah tindak kriminal, serta penggerusan moral akhlak remaja selama ini, kebanyakan dipicu oleh ulah pelajar dan remaja yang berkeliaran secara berkelompok di luar rumah hingga tengah malam, disertai dengan perilaku yang tidak selayaknya. “Namanya siapapun kalau masih sendirian sifat takut itu pasti ada. Tapi kalu sudah berkumpul bahkan berkelompok, sing asale jereh malah kendel nekat mergo katut teman-temannya, yang mempunyai pikiran minimal kurang baik, bahkan pikiran jelek,” imbuh Marzuqi.

TRENDING :  Mulai 2019, Pemkab Jepara Gratiskan Retribusi Wisata

Peraturan pemberlakukan jam malam ini masih berupa buah pikiran dari Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Selanjutnya akan dilakukan pembahasan dan diskusi dengan para stakeholder, terkait dengan landasan hukum dan aturan peraturan perundang-undangannya. “Petugas pelaksana peraturan daerah itu bisa bersinergi dengan aparat keamanan apakah itu Polri maupun TNI.” katanya. (ZA/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :