Pemkab Kudus Akan Garap Kaligelis Jadi Objek Wisata Air

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Kaligelis yang menjadi kebanggaan masyarakat Kudus rencananya akan dibuat objek wisata air atau river tourism. Dan saat ini telah memasuki tahap lelang.

Bupati Kudus, HM Tamzil mengatakan, pembangunan yang direncanakan awal mei itu dianggarkan sebesar Rp. 10 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. “Sedangkan kekurangnnya sebesar Rp. 205 miliar, nantinya akan diajukan dalam penganggaran APBD perubahan,” terangnya.

TRENDING :  Mantan Panglima JI Buat Pengakuan, Ini Tiga Target Utama Teroris

Dengan anggaran sebesar Rp. 10 miliar, lanjut Tamzil, nantinya akan digunakan untuk pembangunan di 4 titik. Yakni Dukuh Kedungpaso, sekitar Jalan Sunan Kudus dan dua titik di Jembatan Ploso. Adapun tahap awal pembangunan, akan dilakukan penataan penopang pada bagian kanan – kiri sungai.

TRENDING :  Waspada Terhadap Hati dan Daging Sapi yang Mengandung Cacing Pita

Terkait rencana tersebut, Tamzil mengaku jika pihaknya telah mengantongi persetujuan dari masyarakat sekitar. Ia juga akan membentuk komunitas wisata di masing-masing desa dengan nama Komunitas Pecinta Kaligelis.

“Bersama komunitas tersebut, nantinya kita akan diskusikan lebih lanjut terkait pengembangan wisata di Kaligelis,” ujarnya.

Pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan studi banding terkait konsep river tourism di Kali Code Yogyakarta dan Semarang. Adapun hasil dari studi banding ini nantinya akan diimplementasikan dalam sebuah konsep pembangunan tanpa menggusur.

TRENDING :  Pembudidaya Lebah Madu Kudus, Harus Tingkat Kualitas Bukan Kuantitas

“Saat ini sedang proses lelang dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jateng. Kita tunggu saja, semoga bulan Mei sudah bisa dimulai,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :