Pemkab Kudus Gelar Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara, Syarat Toefl Score 500

oleh
Terlihat peserta saat mengikuti proses seleksi program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2019 yang dilaksanakan di Kantor Dekopinda, Komplek Perkantoran Jl. Mejobo, Senin (18/3/2019).

Kudus, ISKNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus menggelar seleksi program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2019 yang dilaksanakan di Kantor Dekopinda, Komplek Perkantoran Jl. Mejobo, Senin (18/3/2019).

Seleksi tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat dari Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Nomor 2.12.3/D II5/II/2019 tanggal 12 Februari 2019, perihal Seleksi Calon Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2019.

Kabid Kepemudaan pada Disdikpora Kudus, Minan mengatakan kegiatan pertukaran pemuda ini bertujuan untuk menggali potensi pemuda di seluruh Indonesia, sekaligus memperkenalkan Indonesia, khususnya Propinsi Jawa Tengah ke tingkat internasional. “Saya meyakini yang mendaftar adalah pemuda yang potensial yang bisa membangun negeri ini,” ujarnya.

TRENDING :  Maksimalkan Situs Pati Ayam, Disbudpar Kudus Usulkan 2,5 Miliar Pada APBD 2019

Dijelaskan Minan, program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2019 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapat kuota 4 (empat) orang dengan negara tujuan, Pertama, Program Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) 1 (satu) Putri dengan usia 21-25 tahun. Kedua, Program Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor) 1 (satu) Putra dengan usia 18-24 tahun.

Ketiga, Program Pertukaran Pemuda Indonesia Singapura (SIYLEP) 1 (satu) Putri dengan usia 22-30 tahun, dan Keempat, Program The Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) 1 (satu) Putra dengan usia 18-23 tahun.

Banyak persyaratan dalam mengikuti PPAN, mulai tingkat Kabupaten, Ketentuan peserta harus sehat jasmani, tidak merokok, bebas narkoba dibuktikan dengan hasil Medical Check Up (MCU) lengkap (bagi yang lolos seleksi), Berpendidikan Minimal SMA/SMK sederajat dibuktikan dengan FC Ijazah berlegalisir.

TRENDING :  Harga Hewan Qurban Merangkak Naik, Seekor Kerbau Dibanderol Rp43 Juta

Ketentuan selanjutnya calon peserta belum menikah dibuktikan dengan surat keterangan Kelurahan dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program kegiatan, Mempunyai wawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta pengetahuan yang luas.

Mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tertulis dengan dibuktikan salah satu sistem tes kemampuan Bahasa Inggris yang massa berlakunya sampai 1 September 2019, sesuai skor kompetensi yang telah ditentukan.

Setelah terpilih mewakili Kudus, nantinya para calon peserta PPAN akan mengikuti seleksi lagi ke tingkat propinsi, “Saingannya lebih ketat lagi, jadi ini adalah murni seleksi yang tidak ada intervensi,” lanjutnya.

TRENDING :  Kemendagri Apresiasi Program Dukcapil Kudus ”Si Buah Hati Lahir, Pulang Bawa Akta Kelahiran”

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata bekerja sama dengan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Jawa Tengah akan menyelenggarakan seleksi, pada Selasa, 2 April 2019 mendatang di Aula lt.4 Disporapar Provinsi Jawa Tengah. Jl. Kimangunsarkoro Nomor 12. Semarang.

Saat di Jateng, peserta akan melalui 4 tahapan dalam seleksi PPAN ini. Pertama, kelengkapan berkas. Kedua, test Toefl, TPU, dan esai. Ketiga, interview dan penampilan bakat. Kempat, FGD dan LGD. “Bahasa inggris menjadi penilaian utama karena nantinya akan sangat dibutuhkan saat di negara tujuan,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :