Pemkab Kudus Gelar Wayang Kulit Sambut Pergantian Tahun

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Kudus menggelar Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka malam tirakatan tahun baru 2019, di Area Balai Jagong turut Kelurahan Wergu Wetan Kecamatan Kota Kudus, Senin (31/12/2018) malam.

Malam itu menghadirkan Dalang Ki Ir.H Selamet Prayogo,BE ( dari Kudus ) dan Ki Wahyu Tulus Widodo ( dari Kudus ) dengan lakon *Semar Mbangun Kahyangan* dan di diringi grup musik “Dewadaru”.

TRENDING :  Bupati Kudus Resmi Buka Kudus Expo 2015

Ketua Pepadi Kabupaten Kudus H.Hariyanto dalam sambutannya mengajal masyarakat untuk menghidupkan seni budaya di Kabupaten Kudus agar tidak hilang dan pupus di tengah jalan.

Ia juga menghimbau kepada dalang dalang muda agar sering berlatih agar lebih terampil sehingga menjadi dalang yang kondang.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya utk mengenalkan seni budaya kepada generasi muda. Selain itu tujuan acara ini juga utk menghindarkan para anak muda utk tidak mabuk mabukan dan ngebut di jalan raya,” ungkpanya dihadapan ribuan masyarakat Kudus disekitar balai jagong.

TRENDING :  Desa Loram Kulon Diwacanakan Menjadi Kampung BNI

Ia mengharapkan, semoga Kabupaten Kudus di bawah kepemimpinan Ir.HM Tamzil menjadi Kudus yang religius, Kudus yang santri dan sejahtera.

Sementara itu, Bupati Kudus Ir.HM Tamzil,MT sangat mengapresiasi dan memberikan tempat untuk Wayang Kulit di Kabupaten Kudus sehinggga bisa tour keliling di 9 Kecamatan di Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Ini Dia Asal Mula Kata Dandangan

“Bagaimana seni budaya wayang kulit bisa lestari yakni dengan menggelar seni budaya wayang kulit apabila ada kegiatan di desa.,” ujar Tamzil.

“Pada malam hari ini kita berada di ujung tahun 2018 dan menyongsong tahun 2019, Baru saja Ketua Pepadi Kudus H Hariyanto menyerahkan bantuan. Beliau telah mencurahkan segala pikiran utk menguri uri budaya yang ada di Kabupaten Kudus,” pungkasnya. (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :