Pemkab Kudus Optimalkan Lahan Pertanian Untuk Kesejahteraan Petani

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Bupati Kudus Musthofa mengatakan kedaulatan pangan adalah hidup-matinya bangsa. Jika tidak terpenuhi bisa terjadi malapetaka. Untuk itu perlu upaya maksimal untuk mewujudkannya demi tercapainya ketahanan pangan.

Hal itu disampaikannya saat memberi motivasi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus (UMK), beum lama ini. Bupati mengutip pernyataan Presiden Soekarno mengenai pentingnya kedaulatan pangan bagi sebuah bangsa.

TRENDING :  Gerakan Penggunaan Pupuk Organik : Jaga Keragaman Hayati, Keseimbangan Mikroba Dan Tingkatkan Kualitas Produksi

Melihat adanya tantangan mengenai pengembangan pertanian, Bupati meminta mahasiswa UMK tidak hanya belajar secara normatif. Namun harus bisa berinovasi mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.

ISKNEWS.COM

“Silakan para mahasiswa datang ke Dinas Pertanian dan Pangan Kudus. Penandatangan MoU ini sebagai wujud kebersamaan pemerintah dan civitas akademika memajukan pertanian,” tegas Bupati yang baru saja meneken MoU kerja sama dengan Rektor UMK ini.

TRENDING :  Distribusi Kartu Tani di Kudus Belum Ada 50 Persen

Pemkab Kudus pun telah berupaya untuk mengoptimalkan lahan pertanian yang ada. Salah satunya dengan membangun infrastruktur berupa bendungan Logung. Target rampung di 2018 bisa memberikan manfaat secara maksimal bagi para petani.

“Termasuk adanya kemajuan teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindari. Untuk itu mahasiswa bersama para penyuluh diminta menjadi pelopor penerapan teknologi ini,” imbuhnya pada acara yang dihadiri penyuluh pertanian dari wilayah pantura timur ini.

Upaya lain Pemkab yakni dengan pengaturan musim tanam, penyusunan RDKK pupuk bersubsidi, serta adanya coverage asuransi bagi petani. Tentunya ini butuh kebersamaan bersama para petani, penyuluh, dan peran mahasiswa. (MK)

TRENDING :  Cabai Mahal ? Inilah Inspirasi Kisah Sukses Petani Cabai Dan Bawang Merah Dari Kediri

KOMENTAR SEDULUR ISK :