Pemkab Kudus Pertahankan Subterminal Jetak Dari Pengambil Alihan Provinsi

Pemkab Kudus Pertahankan Subterminal Jetak Dari Pengambil Alihan Provinsi

KUDUS, isknews.com – Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang akan mengambil alih pengelolaan Sub Terminal Jetak, Kabupaten Kudus, terancam gagal. Hal itu karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, melalui Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, mengambil langkah mempertahankan sub terminal yang letaknya di Jalan Raya Kudus – Jepara, Desa Jetak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus itu.
Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto , melalui Kepala Terminal Tipe-A (terminal bus induk) Kudus, Suwarno, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Rabu (25/5), membenarkan hal itu. Menurut dia, alasan atau yang mendasari tindakan mempertahankan Sub Terminal Jetak itu, adalah pihaknya tidak menemukan adanya dukomen resmi yang menyebutkan, Sub Terminal Jetak pengelolaannya dalam di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Selain itu, dalam ketentuan atau peraturan terkait kewenangan pengelolaan terminal, yang bisa diambil alih adalah yang berstatus terminal. Sedangkan status Terminal Jetak, adalah Sub Terminal. “Dengan status itu, berarti Pemprov Jateng tidak bisa mengambil alih pengelolaannya.”
Suwarno selanjutnya menerangkan, di Kabupaten Kudus, saat ini, hanya mempunyai satu terminal Tipe-A, yakni Terminal Induk Kudus. Selain itu, terdapat empat sub terminal, yakni Sub Terminal Jetak (Kaliwungu), Sub Terminal Singicandi (Kota), Sub Terminal Getas Pejaten (Jati) dan Sub Terminal Kalirejo, Kecamatan Undaan.
Dalam rangka memperoleh payung hukum pengelolaan dan rehabilitasi/pembangunan, Dishubkominfo kini mengambil langkah mengajukan sertivikasi Terminal Tipe-C, untuk keempat Sub Terminal tersebut. “Pengajuan permohonan sertifikasi itu sudah kami sampaikan ke Bupati, kini sedang dalam proses oleh Bagian Hukum.”
Kepala Terminal Tipe-A Kudus itu menambahkan, jika sertifikasi itu diterbitkan, rehabilitasi Sub Terminal Jetak pada TA 2015, dengan anggaran dari Bantuan Gubernur (Bangub) Provinsi Jawa Tengah yang dihentikan kelanjutannya pada TA 2016 ini, bisa diteruskan dengan mengajukan anggaran APBD Kabupaten. “Pengajuanya ya pada TA 2017 yang akan datang. Diantara yang diprioritaskan, adalah peningkatan landasan parkir Sub Terminal Jetak itu.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
/div>
BACA JUGA :  Pelanggaran Angkudes Lewat Jalur Dua Arah Dari Timur

Share This Post

76 Responses to "Pemkab Kudus Pertahankan Subterminal Jetak Dari Pengambil Alihan Provinsi"

  1. Pingback: vpm

Comments are closed.