Pemkab Pati Buka Aplikasi Usul Mas Untuk Tampung Aspirasi Masyarakat

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Gerakan Menuju 100 Smart City terus bergulir. Kini tengah memasuki tahap kedua, dimana terdapat 50 kota/ kabupaten yang akan bertransformasi menjadi smart city di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Pati. Program smart city di Kabupaten pati akan memasuki proses berkelanjutan serta perbaikan layanan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk menjadi sebuah kota atau kabupaten yang dikategorikan kota pintar.

Untuk mendukung Kabupaten Pati dalam smart city, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati ikut meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama Usulan Masyarakat (USUL MAS). Peluncuran aplikasi ini dilaksanakan Rabu (17/10) di Ruang Penjawi Setda Pati. Aplikasi berbasis android ini, dirancang sebagai model perencanaan partisipasi untuk menjaring aspirasi masyarakat di dalam sistem perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Pati.

TRENDING :  Ironis, PTSL/Prona Desa Kletek Dijadikan Ajang Bisnis

Bupati Pati Haryanto mengungkapkan aplikasi USUL MAS, bisa membantu dalam menampung aspirasi dan inspirasi dari masyarakat dalam membangun Kabupaten Pati. Masyarakat dapat memberikan usul melalui aplikasi ini, baik itu pembangunan atau infrastruktur lainnya. “Terlebih bagi masyarakat yang tidak mungkin mengikuti musrenbang. Namun, tetap yang menjadi patokan utama adalah musrenbang,” imbuh Haryanto.

TRENDING :  MDP Digasak Pencuri, Kerugian Capai Rp 200 Juta

Bupati menekankan adanya aplikasi tidak sekedar untuk proper, dilaunching, kemudian tak terurus. Tak ingin hal itu terjadi, Bupati Haryanto menegaskan bahwa admin harus standby dan up to date. “Yang mana bila ada perubahan data atau info lainnya, tidak tertinggal dan yang diinformasikan sudah pasti terbaru. Dengan adanya aplikasi ini bukan berarti sudah selesai. Ini pelayanan harus tambah baik terus dan masing- masing kota beda fokusnya, menyesuaikan kebutuhan kota itu,” tegas suami Musus Indarnani itu.

TRENDING :  Ujud Pluralitas Rebana Menggema Diperayaan Imlek

Kasubbid Perencanaan Bappeda, Slamet menjelaskan, tujuan awal dirinya membuat aplikasi USUL MAS untuk menampung partisipasi masyarakat Kabupaten Pati guna untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Pati.
“Aplikasi yang dilaunching langsung oleh Bupati Haryanto ini, diharap terus on going, karena dinamika terus berjalan,” pungkasnya. (WR/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :