Pemkab Susun Perda Gratiskan Transportasi Jama’ah Haji

oleh
ISKNEWS.COM

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Pemerintah Kabupaten Rembang tengah menyusun Peraturan Daerah (Perda) mengenai biaya transportasi jama’ah haji gratis. Susunan rancangan perda tersebut sudah dikirimkan ke DPR untuk disetujui.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat ditemui seusai acara tasyakuran jama’ah haji di pendopo Kabupaten Rembang, Senin (27/11/2017) pagi.

Ia menjelaskan, biaya pemberangkatan jama’ah haji dari Rembang ke Solo sampai kembali lagi ke Rembang semua ditanggung pemerintah. Pemberian bantuan tersebut rata-rata sekitar Rp. 500 ribu setiap masing-masing jama’ah.

TRENDING :  Pancasila Pemersatu Bangsa Harus dilindungi Bersama

ISKNEWS.COM

“Harus kita perdakan agar tidak ada polemik dan tidak terjadi bentuk – bentuk pengeluaran tidak ada dasar yang tidak kita inginkan, ” tuturnya.

Ia melanjutkan, pemberian biaya transportasi gratis untuk jamaah haji merupakan kewajiban dari pemerintah. Pasalnya berdasarkan peraturan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pihaknya menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban dalam pemberangkatan jamaah haji tanpa ada pungutan lain.

TRENDING :  Pabrik Pengolah Jagung Berdiri, Harapan Baru Petani Jagung Tahun 2018

“Petunjuk KPK tentang pemberangkatan haji ini memang salah satunya adalah semua haji sudah menjadi tanggung jawab pemerintah sehingga kami harus memperdakan itu, jika tidak dikuatirkan nantinya akan dipermasalahkan oleh pihak KPK, ” jelasnya.

TRENDING :  Tiga Rumah di Desa Agungmulyo Habis Diamuk Kobaran Api

Sebelumnya di kabupaten Blora terdapat penarikan biaya yang digunakan untuk transportasi pemberangkatan jamaah haji. Dan ternyata hal tersebut diindikasi sebagai pungutan liar oleh KPK. (rtw)

KOMENTAR SEDULUR ISK :