Pencairan Dana Desa Berdasarkan Skala Prioritas

by

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Rekomendasi pencairan Dana Desa (DD) di wilayah Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora Jawa Tengah, diedarkan pada skala prioritas pembangunan. Hal itu menjadi salah satu pengendalian yang dilakukan Camat Kedungtuban, Dasiran.

Dari pencairan 60% DD tahap I tahun 2017 ini, proses pencairannya dilakukan sebanyak 3 kali, sesuai rekomendasi dari camat. Dengan tetap mengajukan permohonan pencairan sesuai dengan rencana kegiatan yang dibiayai dari anggaran 60% tersebut. “Memang harus dilakukan seperti itu. Kami tidak berani langsung memberikan rekomendasi seluruhnya. Karena itu cukup beresiko,” kata dia.

Adapun pecairan untuk tahap pertama itu, diberikan rekomendasi untuk termin pertama sebesar 40%. “Itupun harus kegiatan yang menjadi skala prioritas. Selanjutnya termin ke-dua 30% setelah Laporan pertanggung Jawabannya selesai, kemudian sama pada termin ke-3 sebesar 30%,” ungkapnya.

Dalam proses pencairan itu, dirinya mengaku harus melakukan verifikasi dengan teliti. “Karena Verifikasi terakhir ada pada kecamatan. Jadi jangan sampai ada yang keliru,” kata dia.

Dasiran mengaku, dalam proses pembangunan yang dilakukan pihak desa, diselesaikan 100%. “Itu boleh saja dilaksanakan sampai selesai. Yang kami kendalikan disini adalah pencairannya. Dan cepat lambatnya pencairan itu tergantung desa,” terangnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :