Penderita HIV AIDS Setiap Tahun Meningkat

Penderita HIV AIDS Setiap Tahun Meningkat

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Setiap tahun, penderiata HIV/AIDS mengalami peningkatan cukup signifikan. Dari data yang diperoleh, pada tahun tahun 2013 sebanyak 30 orang, tahun 2014 sebanyak 60 orang, dan 2015 sebanyak 81.

Sedangkan untuk tahun 2016 ini ditemukan 40 pende15219367_572892722918118_3638917081597826562_nrita baru dari hasil pemeriksaan di klinik Voluntary Counseling Test (VCT) di rumah sakit. Jumlah tersebut belum ditambah dengan hasil pemeriksaan secara mobile terhadap Pekerja Seks Komersial (PSK) dengan jumlah banyak 27 orang. Serta dua orang bayi yang juga terinveksi.

TRENDING :  Upayakan Pembangunan Jalan Blora - Ngawi

Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P3LP) Dinkes Blora Lilik Hernanto, menjelaskan, data 40 orang tersebut dilakukan dengan VCT Biasa. “Kalau VCT bisa orangnya yang datang memeriksakan diri,” ungkapnya.

Namun, Lilik tidak menjelaskan tentang dari daerah mana saja orang-orang yang terkena HIV itu. Hanya saja. Menurut dia, penderita tersebut datang dari berbagai kalangan. Mulai dari ibu rumah tangga maupun pekerja. “Bukan dari yang menengah kebawah,” terang dia.

TRENDING :  Rusunawa Bukan Untuk Kumpul Kebo

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini mereka yang terdeteksi mendapatkan perawatan dari rumah sakit. Yakni dengan diberikan obat. Yakni, memberikan terapi antiretroviral (ART). Yakni, mengobati infeksi HIV dengan beberapa obat. Karena HIV adalah retrovirus, obat ini biasa disebut sebagai obat antiretroviral (ARV). ARV tidak membunuh virus itu. Hanya dapat melambatkan pertumbuhan virus.

TRENDING :  Tumpukan Sampah Cepu, Ganggu Aktivitas Warga

“Kami terus melakukan pendataan,” kata dia.

Dengan fakta peningkatan jumlah penderita HIV setiap tahun, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. “Perilaku yang berisiko bisa menularkan penyakit seksual harus dihindari,” tuturnya. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post