Pendidikan Karakter Yang Berbasis Religius

Pendidikan Karakter Yang Berbasis Religius
Kudus-Saat ini pendidikan berkarakter menjadi ’Trending topic’ dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan karakter anak harus dikembangkan di sekolah-sekolah, khususnya di Sekolah Dasar yang merupakan dasar pembentukan karakter atau kepribadian anak agar saat mereka dewasa mempunyai akhlak yang baik.

Namun seiring berjalannya waktu,fenomena yang terjadi saat ini, anak kurang mengerti sopan santun dalam berbicara dan bersikap kepada guru, orang tua ataupun orang yang lebih tua. Nilai kesopanan seakan-akan mulai luntur di masyarakat kita, khususnya generasi penerus bangsa. Hal inilah yang harus menjadi “koreksi” kita sebagai seorang guru dan juga didukung oleh peran orang tua dalam membentuk karakter anak.

Menurut Saikhan Mukhid, Dosen Stain Kudus mengatakan bahwa Pendidikan karakter sangat berkaitan erat dengan moral atau perubahan akhlak peserta didik yang dapat diaktualisasikan dengan menerapkan nilai-nilai kejujuran, kesopanan, keadilan, kedisiplinan, tanggung jawab dan lain sebagainya. Sehingga pendidikan karakter yang berbasis religius ini tidak hanya dipandang cerdas intelektual saja, tetapi juga cerdas spritual. ”Salah satu contoh konkrit penerapan pendidikan berkarakter yang berbasis religius ini dapat dilakukan dengan menambah waktu pembelajaran keagamaan, kepramukaan dan penanaman budi pekerti dalam kurikulum sekolah serta mengimplementasikan langsung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),”Ujarnya.

BACA JUGA :  Keberkahan Gentong K. H. Thoriq Maslah

@Rya

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

81 Responses to "Pendidikan Karakter Yang Berbasis Religius"

  1. Pingback: MRO

Comments are closed.