Penerapan Kurtilas Dimanfaatkan untuk Kuatkan Budaya Jawa

by
ISKNEWS.COM

Jepara, ISKNEWS.COM – Pendidikan karakter berbasis budaya Jawa, akan dikuatkan di satuan pendidikan tingkat SD. Penerapan Kurikulum 2013 (Kurtilas) di semua SD di Jepara, dimanfaatkan untuk merealisasikan rencana ini. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang SD pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Amin Ayahudi, Rabu (01-08-2018).

TRENDING :  Polres Kudus dan Kodim 0722/Kudus Kirim Bantuan Untuk Korban Gempa Lombok

“Sejak awal tahun pelajaran ini, Kurtilas sudah diterapkan di semua SD di Jepara. Kurtilas memberi ruang yang cukup untuk menanamkan pendidikan karakter,” kata Amin Ayahudi.

Amin menjelaskan, pendidikan karakter sangat penting. “Meskipun di sekolah sudah ada mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, tetapi tidak cukup kalau hanya diajarkan di satu pelajaran,” kata Amin Ayahudi.

TRENDING :  14 SMP Di Kudus Ikuti Lomba Tata Upacara Bendera dan Baris-Berbaris

Hal tersebut, katanya, bisa dilakukan guru melalui penguatan karakter berbasis budaya Jawa. Hal ini, karena budaya Jawa sarat dengan unggah-ungguh dan ajaran budi pekerti. Budaya Jawa sangat menghormati orang lain. Karena itulah, Amin mendorong jajarannya untuk menggunakan bahasa Jawa dan mengenalkan budaya Jawa kepada peserta didik. “Di Kurtilas, ini bisa kita akomodasi dengan muatan lokal Jawa Tengah,” katanya.

TRENDING :  Istri Panglima Takjub Pendidikan Vokasional SMK-SMK Di Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :