Pengadaan Baliho Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Rokok Ilegal Ditiadakan

oleh
Pengadaan Baliho
Foto: Contoh baliho sosialisasi pencegahan dan pemberantasan rokok ilegal yang sebelumnya terpasang di Pertigaan Pentol. (Darmanto Nugroho/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kudus, pada Tahun Anggaran (TA) 2018 ini, meniadakan pengadaan baliho sosialisasi pencegahan dan pemberantasan rokok ilegal.

Pasalnya pada TA 2017 lalu, pengadaan baliho itu sudah tidak lagi dianggarkan dalam APBD Kabupaten Kudus. Hal itu karena sampai dengan berakhirnya masa diberlakukanya anggaran APBD Kabupaten Kudus TA 2016. Pengajuan desain baliho tersebut, tidak mendapatkan persetujuan dari atasan. Sehingga anggaran yang dialokasikan untuk proyek tersebut, dikembalikan ke kas daerah.

TRENDING :  Papan Larangan Buang Sampah Kontroversial di Desa Gribig Akhirnya Diganti

Kepala Seksi (Kasi) Penegakan Peraturan Daerah (Gakda) Satpol PP Kabupaten Kudus, Sarjono yang dihubungi isknews.com, Rabu (14-02-2018) membenarkan hal itu.

Menurut dia, pada 2016 lalu, terkait pengadaan baliho untuk menggantikan baliho yang sudah rusak dan hilang, pihak Satpol PP sudah mengajukan berulang kali, namun desain yang ditawarkan kepada atasan belum disetujui.

“Karena sudah melampaui batas berlakunya APBD Kabupaten Kudus 2016, pengadaan baliho itu kami batalkan,” jelasnya.

TRENDING :  Pemkab Kudus "Nguri-Uri" Budaya di Setiap Kecamatan, Berikut Jadwal Pentasnya

Konsekuensi dari langkah tersebut, lanjutnya, anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan baliho yang sumbernya dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), tidak diambil atau dengan kata lain, dikembalikan ke kas daerah. Demikian juga pada TA 2017, anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan baliho itu tidak diambil.

”Jadi kalau ada yang menanyakan tentang pengadaan baliho sosialisasi pencegahan dan pemberantasan rokok ilegal, pada TA 2018 ini proyek tersebut ditiadakan,” terangnya.

TRENDING :  Dianggap Tak Transparan Batalkan Lelang, Kontraktor Semarang Gugat ULP Kudus

Pada TA 2016 lalu, Satpol PP Kabupaten Kudus, menganggarkan Rp 39,8 juta dana dari DBHCHT TA 2016 untuk perbaikan baliho sosialisasi pencegahan dan pemberantasan rokok dan cukai ilegal.

“Dari 22 baliho yang tersebar di sejumlah lokasi di Kabupaten Kudus, ada yang berukuran 3×4 meter 16 buah, sisanya yang 6 buah, berukuran 4×6 meter, “ tandasnya. (DM/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :