Pengawas Pemilu Lapangan Diminta Bersikap Tidak Diskriminatif

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) diminta Bersikap tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. PPL adalah petugas pengawas pemilu di desa/kelurahan yang bertugas antara lain mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi hasil penghitungan suara di PPS.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kudus, Eko Dwi Jatmiko, yang dihubungi isknews.com, Kamis (04/01/18), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, dengan akan dilaksanakannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, agar berhasil baik, lancar dan sukses, perlu adanya pemantauan dan pengawasan di tingkat desa, pada semua tahapan pilkada 2018 di desa atau kelurahan. “Pemantauan dan pengawasan pelaksanaan pilkada itu menjadi tugas dan kewajiban PPL.”

Terkait dengan hal di atas, lanjutnya, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, sedang melakukan perekrutan PPL. Jumlah personil PPL yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Kudus, yakni sebanyak 132 orang. “Kini perekrutan PPL itu masih berlangsung.”
Dia menegaskan, tugas PPL tingkat desa, sesuai dengan kewenangannya, adalah, melakukan pengawasan pendistribusian perlengkapan pemilu di TPS, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, pengumuman hasil penghitungan suara di TPS, serta penyampaian kotak suara surat suara dari TPS ke PPS.

TRENDING :  800 Linmas se-Eks Karesidenan Pati Apel Siaga Sukseskan Pilgub

KOMENTAR SEDULUR ISK :