Pengelolaan BUMDes di Pati Bisa Dijadikan Contoh Daerah Lain

oleh -948 kali dibaca
Foto: Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo saat meninjau usaha BUMDes di Halaman Parkir Pendopo Kab Pati. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Kabupaten Pati dinilai baik Terkait pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan pada Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo.

Pernyataan tersebut disampaikan Boediarso usai acara Diseminasi Dana Desa, di Pendapa Kabupaten Pati, Kamis (12-04-2018).

Menurutnya, pengelolaan BUMDes di Kabupaten Pati mempunyai nilai lebih dibanding dengan kabupaten / kota lain.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan pengurus BUMDes, kedepan, BUMDes di Pati ini bisa menjadi contoh berbagai BUMDes untuk pengembangan, karena inovasi yang ditelurkan begitu luar biasa,” ujarnya.

Pengelolaan yang baik ini, kedepan harus lebih dikembangkan. Kata dia, dengan membina banyak BUMDes lain yang belum berkembang. Apalagi, dengan semakin meningkatnya dana desa, sebagian anggarannya bisa disisihkan untuk pemberdayaan masyarakat.

“Saya kagum ada salah satu BUMDes yang dengan modal Rp 37 juta saja, keuntungannya saat ini sudah mencapai Rp 1,3 miliar. Itu kan berkali-kali lipat, padahal hanya dalam kurun waktu 2 tahun. Ini sangat luar biasa,” ungkap Budi.

Boediarso juga menambahkan, keberhasilan BUMDes akan berpengaruh positif terhadap perkembangan ekonomi masyarakat setempat dalam peningkatan pendapatan.

“Semoga BUMDes di 401 desa di Pati punya produk unggulan, yang nantinya bisa menjadi potensi ekonomi masyarakatnya,” harap doktor ekonomi lulusan Universitas Indonesia tersebut. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :