Pengelolaan Website Instansi Pemerintahan di Jepara Belum Optimal

oleh
Foto: Kabid Komunikasi pada Diskominfo Jepara Arif Darmawan memberikan materi kepada admin website OPD dan kecamatan se Kabupaten Jepara dalam pelatihan yang digelar selama dua hari sejak Rabu (11-4-2018) di ruang rapat Diskominfo Jepara. (zaki/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara, mencatat setidaknya ada sebanyak 48 website instansi pemerintahan di lingkungan Pemkab Jepara. Hanya saja, masih banyak website milik instansi yang belum berjalan optimal. Baik dari tampilan website dan informasi yang kurang update menjadi satu materi dalam pembekalan pelatihan tersebut.

Padahal keberadaan website Pemerintah Daerah, merupakan suatu bagian integral dari Organisasi Pemerintahan daerah (OPD). Terlebih di era digital sekarang ini, keberadaan website sangat menunjang instansi pemerintahan, sehingga masyarakat akan dapat menerima informasi-informasi terkini yang diperlukan. Hal ini seperti disampaikan oleh Kabid Komunikasi pada Diskominfo Kabupaten Jepara Arif Darmawan, saat pelatihan kepada admin website OPD dan kecamatan di ruang rapat Diskominfo Jepara, Kamis (12-4-2018).

TRENDING :  Satpol PP Sita Ribuan Botol Miras

Pelatihan ini dibagi menjadi dua kelompok, bergantian mendapat bekal materi kemampuan mengelola website OPD. Pelatihan yang dimulai Rabu (11-4-2018) lalu itu, menyajkan berbagai materi dari narasumber dan tim teknis.

TRENDING :  Cipta Kondisi, Satpol PP Jepara Gencar Razia Miras

Arif Darmawan menambahkan, website Pemerintah Daerah merupakan salah satu strategi didalam melaksanakan pengembangan e-goverment secara sistematik, realistik dan terukur, guna memberikan pelayanan publik serta informasi kepada masyarakat. “Situs web Pemerintah Daerah mempunyai sasaran agar publik dapat mudah memperoleh akses informasi dan layanan publik melalui media internet,” ujar dia.

Lebih lanjut, Arif mengatakan unsur terpenting dari sebuah website adalah isi dan desain yang baik dan menarik. Untuk itu, website OPD terus mengembangkan situs-situs dengan isi atau content yang baru. Diharapkannya, lewat website yang sudah ada sekarang dapat menyediakan informasi yang tepat dan akuntabel, sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi. “Website yang dikelola oleh OPD lebih ke company profile dari OPD tersebut, kemudian jenis-jenis layanan yang diberikan serta tercantum alur pelayanannya,” tandasnya. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :