Penggunaan Anggaran Harus Optimal dan Tepat Sasaran

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) diharapkan dapat digunakan secara optimal dan tepat sasaran. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kudus Hartopo dalam acara penyerahan DIPA 2019 satker mitra kerja KPPN Kudus, di hotel @hom Kudus, Kamis (20/12/2018).

Dalam sambutannya Hartopo mengharapkan untuk fokus pada outcome bukan sekedar output. Sehingga anggaran juga diharapkan lebih banyak dihabiskan untuk program utama. Bukan program pembantu seperti rapat atau perjalanan dinas.

“Persiapkan program dengan baik sejak awal tahun 2019 sehingga berjalan efektif dan efisien,” ujarnya. Yang tak kalah penting dilakukan yakni memastikan tidak ada penggunaan anggaran yang melenceng, seperti korupsi dan lain sebagainya.

TRENDING :  24 Petinggi Baru Diberi Pembekalan

“Saya harapkan penerima adalah instansi yang benar-benar membutuhkan, sehingga manfaat bisa dirasakan dan mencapai sasaran pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat,” tukasnya.

Ketua KPPN Kudus Wawan Hermawan mengungkapkan jumlah anggaran yang disalurkan sebesar Rp 1,4 triliun. Disalurkan kepada 80 satker mitra kerja di beberapa daerah. Dari Kudus sebanyak 26 instansi, Jepara 30 instansi, dan Demak 24 instansi. Jenis kewenangan daerah mendapatkan anggaran paling banyak dibandingkan pusat dan tugas pembantuan.

TRENDING :  Musthofa Dedikasikan Piala Adipura Kencana Untuk Warga Kudus

Terkait pelaksaan anggaran ada empat aspek untuk menilai kinerja. Di antaranya dari kesesuaian rencana dan pelaksanan, efektifitas kegiatan, efisiensi, dan kepatuhan regulas. Acara dengan tema APBN untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembangunan sumber daya manusia ini, juga dilaksanakan penyerahan DIPA tahun 2019 secara simbolis kepada perwakilan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja.

TRENDING :  Begini Kondisi Pasar Kliwon Sejak Tenaga Kebersihannya Habis Masa Kontrak

Ada dari MAN 1 Kudus, Pengadilan Agama Demak, Kantor Kementerian Agama Jepara, IAIN kudus, dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jepara. Penyerahan dilaksanakan oleh Wabup Kudus dan Kepala KPPN Kudus. Dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh perwakilan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja dan Kepala KPPN Kudus. (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :