Penggunaan Granit Sebagai Landasan Jalan Menara Sudah Lalui Serangkaian Uji Getaran

Penggunaan Granit Sebagai Landasan Jalan Menara Sudah Lalui Serangkaian Uji Getaran
Kudus, isknews.com – Pembangunan akses jalan, pada kawasan wisata religi Masjid al Aqsha Menara Kudus dengan memasangi marmer yang dilapisi batu granit sepanjang jalan 492, 7 m pada jalan Menara dan 167 m sepanjang Jalan Madurekso dengan rata rata lebar jalan 5,10 m.
Bila hal ini benar, menurut Moh Rosyid, peminat kajian sejarah dari STAIN Kudus, Pemkab Kudus melanggengkan jalan Menara dilintasi kendaraan roda empat atau lebih merupakan upaya menjauhkan pelestarian konstruksi bangunan Menara Kudus yang telah tua usia. Lalu lalangnya mobil berdampak getar yang berakibat retak dan rusaknya konstruksi bangunan Menara sebagaimana rekomendasi Balai Arkeologi Jateng tak direspon dengan hati.
Pembangunan fisik yang tak mengindahkan esensi melestarikan konstruksi bangunan Menara sangat tidak bijaksana.Mengapa orientasi fisik dan bahan impor menjadi tarjet utama? tanya Rosyid, Hal tersebut disampaikan Moh. Rosyid melalui surat elektronik yang dikirimkan ke media ini, Senin (15/5/17).
Menjawab tudingan tersebut, Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus, Samani Intakhoris menyampaikan, “semula dua jalan tersebut memang akan dilapisi marmer, namun setelah melalui pertimbangan dan kajian kemampuan dan keamanan saat dilewati kendaraan roda empat, akhirnya dipilih granit. yang bisa menahan beban hingga 15 ton,” ujarnya melalui sambungan telepon dengan media ini, Selasa (16/5/17).
Serangkaian Kajian juga dilakukan pada kekuatan jalan di lingkungan Kawasan Menara, sehingga masih dapat dilewati mobil pribadi. “Jika menggunakan marmer, diperkirakan akses penghubung itu tidak dapat dilewati kendaraan roda empat, oleh karenanya dipilihnya penggunaan granit dari India yang sudah melalui serangkaian kajian, dapat menahan getaran pada kekuatan kendaraan tersebut,” tambahnya.
Sebelumnya, direncanakan menggunakan granit lokal. Namun material lokal diyakini hanya dapat dilewati kendaraan roda dua. Adapun granit India yang berukuran 30 x 30 2 cm bisa menahan beban 450 kg per cm2 (secara total 15 ton).
Peningkatan kualitas dua ruas jalan itu dikerjakan oleh PT Putra Mas Indah Baroe dengan kemitraan (KSO) PT Kokoh Prima Perkasa.  (YM)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Rehab DAK 44 SD Di Kudus, Dibagi Rata Semua Kecamatan

Share This Post

Post Comment

*