Penghitungan Suara Kecamatan, Satu TPS Rata Rata Rekapitulasi Berlangsung 1 Jam

oleh
Suasana rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 201q9 di tingkat PPK yang di gelar di Aula Balai Desa Rendeng (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 telah usai. Proses ini akan dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Rekapitulasi dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, berlanjut ke kabupaten, provinsi, hingga ke nasional. Sesuai agenda KPU Kudus hari ini adalah pelaksanaan penghitungan suara di tingkat Kecamatan.

Kapolres Kudus AKBP Saptono, Ketua PPK Kota Gunawan dan anggota Panwaslu Kecamatan Kota serta Kapolsek dan Danramil Kota berpose diluar arena rekapitulasi (Foto: YM)

Seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK} di Kabupaten Kudus hari ini sudah  memulai rapat pleno rekapitulasi perolehan suara partai, calon anggota legislatif (caleg), dan calon presiden (capres) pada Pemilu 2019. Kegiatan ini serentak di laksanakanan di 9 wilayah Kecamatan di Kabupaten Kudus, yang di mulai sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi, Jumat (19/04/2019).

Seperti yang terlihat di wilayah Kecamatan Kota Kudus, PPK Kecamatan kota menyelenggarakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan suara di Aula Balai Desa Rendeng Kudus, sejumlah saksi partai maupun kontestan pemilu yang lain hadir dan menyaksikan pelaksanaan penghitungan suara di Kecamatan Kota ini.

TRENDING :  Kutu Rambut

Ketua PPK Kota, Gunawan, saat di temui media ini menyampaikan, sejauh ini pelaksanaan penghitungan suara berjalan lancar.

“Setelah pemungutan suara kemarin, maka mulai hari ini, tanggal 18 April 2019 itu sudah memasuki tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan dan di PPK Kota ini kami membagi ke dalam 4 panel, dimana setiap panel terdiri dari beberapa Desa, dengan acuan jumlah desa per panel tergantung banyaknya TPS,” kata dia saat di temui di balai Desa Rendeng Kudus, Jumat (19/04/2019).

Lamanya pelaksanaan penghitungan adalah di sesuaikan jumlah TPS yang ada di Desa tersebut. “Untuk di Kecamatan Kota di perkirakan akan berlangsung selama 4 Hari mengingat banyaknya jumlah TPS, tapi memang rata-rata di semua Kecamatan berlangsung sekitar 4 hari,” kata Gunawan.

TRENDING :  BHRD Kudus Tidak Melihat Hilal, Umur Bulan Sya'ban 1439H Istikmal

Ediono, anggota Panwaslu Kecamatan Kota yang juga ikut hadir menyaksikan jalannya rekapitulasi, menyampaikan, sejauh ini pelaksanaan penghitungan berlangsung baik dan lancar.

“Hingga siang jelang Shalat Jumat ini, memang baru menyelesaikan 1 Desa yaitu Desa Kauman, karena jumlah TPS nya paling sedikit yang hanya 2 TPS. Sementara pada 3 panel yang lain belum menyelesaikan 1 Desa pun karena jumlah TPS nya rata-rata jauh lebih banyak,” ujar Ediono.

Dari pantauan dia,  rata-rata rekapitulasi surat suara untuk seluruh kontestan pemilu dalam satu TPS adalah satu jam.

“Jadi kalau di Kecamatan Kota ada sekitar 330 TPS, maka untuk Kecamatan Kota rekapitulasi itu diprediksi butuh waktu 330 jam,” ujarnya.

TRENDING :  LSM KPMP Unjukrasa, Pertanyakan Prosedur Pengajuan IMB

Meskipun kemudian di bantahnya sendiri, bahwa lamanya itu karena baru pada awal-awal pelaksanaan rekapitulasi, “nanti pada pertengahan penghitungan pasti akan bisa berlangsung lebih cepat, karena petugasnya sudah terbiasa,” ungkap dia.

Sementara itu dalam kegiatan rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan kota itu juga di lakukan sidak oleh Kapolres Kudus, AKP Kustono, menurutnya itu sebagai bentuk bagian pengamanan proses pelaksanaan pemilu di Wilayah Kabupaten Kudus.

“Seperti juga pada saat penghitungan suara kemarin saya juga hadir di 9 Kecamatan untuk melihat pelaksanaan pesta demokrasi dari dekat, hari ini saya juga ingin memastikan sendiri pelaksanaan Pemilu di wilayah Kecamatan Kota Kudus ini berlangsung baik dan aman,’ ujarnya.

Kecamatan Kota adalah Kecamatan pertama yang di kunjungi oleh Kapolres, dijadwalkan usai shalat Jumat nanti Kapolres akan mengunjungi semua tempat pelaksanaan rekapitulasi surat suara di 8 Kecamatan yang lainnya. (YM/YM)

.

KOMENTAR SEDULUR ISK :