Pengusaha Gula Tumbu Tetap Bertahan Ditengah Serangan Kencur

by
ISKNEWS.COM
Foto: Industri gula aren di Desa Cranggang, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis (05-04-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Desa Cranggang yang terletak di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, dahulu dikenal sebagai centra gula tumbu. Tanaman tebu dahulu tumbuh subur merajai lahan pertanian penduduk Cranggang.

Pergantian zaman, berbagai tanaman seperti kencur, laos dan ketela mulai bermunculan di Desa ini. Masa tanam yang relatif pendek dengan harga jual yang cukup tinggi, menjadikan beberapa petani mulai berpindah haluan ke tanaman tersebut.

Saat ini, sebagian lahan di Desa Cranggang dipadati oleh tanaman kencur. Serangan kencur ini perlahan mulai menggeser eksistensi tanaman tebu dan mengancam keberlangsungan industri gula aren.

TRENDING :  8 Misi "Kudus Sejahtera" Dalam RPJMD Kabupaten Kudus

Menurut staf pemerintahan setempat, Yunus, bahwa 10 tahun terakhir Desa tersebut telah mengalami pergeseran di sektor pertanian. Dari dahulu yang masyarakatnya menggantungkan kehidupannya dari tanaman tebu. Kini sebagian telah beranjak meninggalkan tanaman satu ini dan memilih menanam kencur.

TRENDING :  Persiapan Bersepeda Ala Kumunitas Pidal Mubeng

Meskipun demikian masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari tanaman tebu. Nasib petani tebu, pengusaha dan para buruh industri gula aren bergantung pada tanaman satu ini.

TRENDING :  Ormas di Kudus Gelar Unjuk Rasa Tuntut Penutupan Karaoke

KOMENTAR SEDULUR ISK :