Penjelasan Mitos Kelinci Tidak Boleh Diberi Minum

oleh
Foto: Kelinci yang tengah makan rumput, Jumat (11-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Mitos yang berkembang menyebutkan bahwa kelinci tidak boleh diberi minum air, karena bisa menyebabkan kembung hingga kematian. Ada juga yang mengatakan kelinci sejatinya tidak memerlukan asupan air, sebab makanan segar yang dimakannya sudah mengandung air, sehingga kelinci tidak memerlukan asupan air tambahan. Benarkah?

Untuk mengetahui kebenaran hal tersebut, isknews.com menemui Saiful, seorang penjual kelinci hias yang telah puluhan tahun menggeluti dunia kelinci. Kepada media ini, ia menjelaskan kelinci tak ubahnya dengan makhluk hidup lainnya yang ada di bumi.

TRENDING :  Yuk Berkenalan dengan Sosok Joko Pring

Dimana kelinci juga membutuhkan asupan air sebagai sumber kehidupannya.

“Kelinci itu seperti manusia yang membutuhkan asupan air untuk metabolisme tubuhnya. Namun harus tetap memperhatikan kadarnya. Untuk kelinci yang diberikan makan berupa sayur segar seperti kangkung, wortel dan rumput, boleh diberi minum air tetapi sedikit saja. Karena sayuran segar yang menjadi asupan makanan bagi kelinci sudah mengadung air sebesar 15-20%,” ungkap Ayah dengan dua anak tersebut, Jumat (11-05-2018).

Menurutnya, kandungan air pada sayuran dan rumput tidak mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh kelinci. Sehingga kelinci harus diberi minum air dengan kadar yang sedikit saja.

TRENDING :  Dinas PKPLH Kudus Belum Mampu Penuhi Permintaan Armada Sampah Untuk Pedesaan

Untuk kelinci yang diberi makan pur, Saiful justru mengharuskan kelinci itu mendapatkan asupan air yang banyak. “Pur adalah makanan kering, jadi tidak ada kadar airnya. Untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh, kelinci harus diberi minum air pastinya dengan kadar yang lebih besar, dibandingkan dengan kelinci yang diberi makan sayur segar,” jelasnya.

Mengenai mitos yang menyebutkan jika kelinci yang diberi minum air akan mengalami kembung hingga mengakibatkan kematian. Saiful mengaku hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kematian pada kelinci sebagian besar disebabkan karena infeksi bakteri.

TRENDING :  Penyelidikan Kasus Keracunan Obat Antis Semut Dihentikan

“Jika kelinci tidak diberi minum dalam jangka waktu yang lama, maka tubuh kelinci akan mengalami gangguan metabolisme hingga kerusakan fungsi ginjal. Hal inilah yang bisa menyebabkan kematian pada kelinci. Perlu diingat untuk tidak memberikan air yang banyak karena sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik,” pungkasnya. (NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :