Pentas Seni Pakudjembara, Demak Raih Penyaji Terbaik 1

oleh
Salah satu atraksi tari pada even Seni Pakudjembara di alun-alun Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pentas Seni Pakudjembara Tahun 2019 yang di gelar semalam oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jawa Tengah di kawasan alun-alun simpangtujuh Kudus, berlangsung meriah, sejumlah tim kesenian baik tari maupun music mempergelarkan atraksinya di hadapan ribuan penonton yang menyaksikan di alun-alun Kudus.

Pentas seni Pakudjembara merupakan lomba seni tari yang diikuti oleh para seniman dari Pati, Kudus Demak, Jepara, Rembang dan Blora, mereka memamerkan kepiawaiannya menari di hadapan para dewan juri yang berkaliber nasional.

Dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dissporapar) Jateng, Sinung Nugroho Rachmadi, Bupati Kudus, Ir. H.M Tamzil, MT, para anggota Forkopimda serta perwakilan dari Kabupaten Rembang, Pati, Blora, Jepara dan Demak, acara di buka dengan laporanPlt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus,  Rachma Hariyanti, yang melaporkan even Pentas Seni Pakudjembara ini merupakan Program dari Disporapar Jateng yg diikuti oleh 6 Kabupaten.

TRENDING :  Notaris PPAT INI Pengda Kudus Berbagi Kepada Korban Banjir

“Setiap tahunnya kegiatan diselenggarakan secara bergantian dan untuk kali ini Kabupaten Kudus ditunjuk menjadi tuan rumah, sedangkan tujuan kegiatan adalah untuk mengenalkan dan mengembangkan pariwisata di Kudus serta menjadi ajang silaturohim antar anggota Pakudjembara,” lapornya.

Bupati Kudus HM Tamzil dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat masing masing masyarakat untuk mengangkat budaya atau tradisi dari 6 Kabupaten di pantura timur jawa tengah.

Para penyaji terbaik pada even Pakudjembara 2019 di Kudus (Foto: YM)

“ Untuk itu kami berharap Dinas Provinsi senantiasa memberikan stimulasi atau bantuan kepada kami Kabupaten di Pati Raya,  Kami selaku tuan rumah meminta maaf dalam kami menyelenggarakan acara ini, dan dalam memberi sambutan namun demikian kami sudah semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk acara ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Disporapar Jateng, dalam sambutannya mengingatkan, bahwa kegiatan bukan acara Disporapar Jateng, namun acara ini diprakasi oleh komitmen bersama untuk memajukan pariwisata dan budaya di Jateng dan semua orang boleh berpartisipasi, berinisiasi dan Pakudjembara sebagai kolaborasi dan sinergi dari Kudus selaku tuan rumah beserta Kabupaten Rembang, Pati, Blora, Jepara dan Demak.

TRENDING :  Ramadhan Stok Gas Melon Di Kudus Aman

“ Yang perlu kami tekankan disini bahwa acara ini wujud sinergitas kita bersama dan juga terutama rekan rekan media yang telah meliput dan memviralkan acara Pakudjembara ini, kepada Bapak Bupati kami kembali meminta maaf sebab terselenggaranya acara ini harus menutup ruas ruas jalan untuk sementara, tapi yang lebih penting dari itu adalah low effect atau social effect dan tentu saja human effect,” ungkapnya.

Beberapa even akan kita dorong dan fasilitasi melalui kolaborasi dan sinergi seperti yang disampiakan bapak Bupati, berbicara pariwisata berbicara event, berbicara event adalah kolaborasi tidak bisa satu pihak, tidak bisa sekedar pemerintah tapi perlu society terutama para pemuda.

TRENDING :  Bocah Lima Tahun Meninggal Tenggelam di Sungai Setro Mejobo Kudus

“Perlu kami sampaikan bahwa Pakudjembara dipesertai / didominasi 50 % keatas oleh kaula muda seperti kendang dan niogo dilakukan oleh orang muda, sekaligus ini menjadi penanda bahwa pemuda mendukung perkembangan seni dan budaya,” katanya.

Kami siap mendukung event Pariwisata, event Budaya sekaligus spot tourism, Insya Allah nanti di tahun 2020 kami akan arahkan, akan kami suport untuk kami kaloborasikan dengan pemprov bersama pemkab disekitar Pati Raya termasuk Kudus, hanya dengan kebersamaan dan kepedulian kita bisa wujudkan karya karya anak bangsa.

Usai sambutan Gelar Pentas Seni Pakudjembara dari 6 Kabupaten segera di gelar, diawali dari Tari Guyu dari Blora, Tari Babat Alas Glagah Wangi dari Kabupaten Demak, Tari Ratu Kalinyamat dari Kabupaten Jepara, Tari Drama Sumilak Pedot Pati Igedhe Soto Galeng dari Kabupaten Pati, Tari Bio Bangsaku dari Kabupaten Rembang dan terakhir Tari Bergodo Meru Dondho dari Kabupaten Kudus.

Pada ujung acara di lakukan pengumuman pemenang, penyaji terbaik Pentas Seni Pakudjembara adalah  Juara 1 dari Kabupaten Demak, Juara 2 dari Kabupaten Kudus dan  Juara 3 dari Kabupaten Pati. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :