Pentingnya Menentukan Arah Kiblat, BHRD Kudus Gelar Pelatihan Dasar

by

Kudus, isknews.com – Pernyataan sebagian kalangan yang menganggap arah kiblat umat Islam di Indonesia cukup menghadap ke barat saja mendapat tanggapan dari Agus Yusrun Nafi’, ketua tim ahli BHRD Kudus kepada isknews.com, (21/12/2016) di Kantor Kemenag Kudus.

“Berusaha mengarahkan kiblat ke arah sebenarnya itu hukumnya wajib karena terkait keabsahan ibadah salat,”tegasnya

Oleh sebab pentingnya arah kiblat itulah, Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kudus hari ini (21/12/2016) menggelar pelatihan dasar untuk mengetahui bagaimana menentukan arah kiblat yang benar, kepada 20 peserta beserta 3 pendamping.

Pelatihan yang digelar di lantai 2 kantor kementrian agama (kemenag) Kudus tersebut ditujukan kepada pelajar tingkat menengah atas sederajat, diantaranya MA Darul Ulum, SMA Muhammadiyyah Kudus, MAN 1 Kudus, MA NU Wahid Hasyim 3, MA NU Nurul Ulum, MA NU Miftahul FAlah, MA NU Alhidayah, MA NU Nurussalam, MA Muhammadiyyah.

Pihaknya menyampaikan “Sebagian orang masih kita dengar mengatakan bahwa arah kiblat umat Islam di Indonesia cukup ke arah barat. Pandangan ini harus diluruskan sebab arah barat  itu bukanlah kiblat. Jika anda memperhatian peta dunia barat Indonesia itu adalah Afrika, bukan kiblat yang dimaksudkan dalam penjelasan Alquran, sunnah dan fiqih. Jangan sampai pandangan di atas melegitimasi orang untuk tidak mau membetulkan arah kiblat yang  keliru,” jelasnya

KOMENTAR SEDULUR ISK :