Pentingnya Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar

oleh
Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo (Dandim 0722/Kudus)
Foto: Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo (Dandim 0722/Kudus) sedang memberikan materi kepada para peserta. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Pembinaan wawasan kebangsaan bagi pelajar telah diselenggarakan di MA NU Radaltus Shibiyan Desa Peganjaran, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Senin (12-3-2018) pagi.

Acara yang diselenggarakan oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus ini diikuti 150 orang. Diantaranya Eko Hari Djatmiko Kepala Kesbangpol Kudus, Wisnu Broto SH (Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa), Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo (Dandim 0722/Kudus), Kapten Inf Sulikan (Danramil 06/Bae), Guru MTS, MA Raudlatus Shibyan dan siswa MA MTS NU Raudlatus Shibyan.

Adapun diskusi kali ini bertemakan peningkatan wawasan kebangsaan dengan tema ” peranan pelajar untuk mewujudkan nilai-nilai pacasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,”

TRENDING :  Masih Fokus Penataan Sekolah, Sistem Zonasi Belum Bisa Dijalankan Tahun ini

Eko Hari Djatmiko, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kudus, Generasi muda merupakan generasi penerus yang ekstensinya sangat menentukan langkah kehidupan masyarakat,bangsa dan negara kedepan. Untuk itu generasi muda diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas masing masing.

Dikatakan Eko, Banyak faktor yang mempengaruhi mental generasi muda, yaitu faktor pergaulan dan sosial media. “Sebagai generasi muda harus bisa mewujudkan cita cita dan tujuan nasional dengan memiliki modal sebagai agen perubahan dan agen pengawas sosial dalam masyarakat,” ungkapnya

Ditambahkannya, Dengan wawasan kebangsaan ini mudah mudahan adik-adik dapat memahami dan mengamalkan serta dapat menjadi motifator bagi teman-temannya. Persatuan dan kesatuan serta rasa nasionalisme kita harus dipegang teguh jangan sampai kita terjebak dengan pergaulan yang tidak benar apalagi sampai terjerumus dengan Narkoba.

TRENDING :  Ketua PWI Jateng Ajak Masyarakat Bijak Bermedia Sosial, Awas! Jarimu, Harimaumu

Karena narkoba merupakan alat untuk melemahkan generasi muda kita, karena sangat berpengaruh pada generasi penerus bangsa, maka dari itu kita harus bersatu dan menjauhi barang haram tersebut.

Sementara itu, Letkol Inf Sentot, Dwi Purnomo (Dandim 0722/Kudus), mengapresiasi digelarnya acara ini, semoga Wasbang ini bagi generasi muda dapat menambah cinta tanah Air dan Bangsa, dan diharapkan yang hadir ini bisa menjadi penyambung lidah kepada rekan-rekan minimal di lingkungan sekolah.

TRENDING :  Banwaslu Gelar Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Pilgub dan Pilbup 2018

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dalam agar adik-adik paham dan mengerti apa itu wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Karena sifat, karakter dan mempunyai jati diri yang kuat harus ditanamkan ke generasi muda supaya tidak mudah di adu domba dan tetap kita ciptakan tegaknya NKRI. “Seperti contoh, sebagai siswa laksanakan tugas belajar dengan baik saya doakan kalian menjadi siswa yang berhasil dan jadilah siswa yang kompotisi,” pungkasnya. (AJ/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :