Penyandang Disabilitas Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis

oleh -886 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Jepara siap memberikan pelayanan kepada ratusan penyandang disabilitas di Kabupaten Jepara. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Jepara bekerjasama dengan Dinsos Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada penyandang disabilitas, mulai Selasa 16 s/d 18 Mei 2017 di Panti Asuhan Miftahul Jannah Kelurahan Kauman Jepara.

Kepala Dinsospermades Jepara Muh Zahid mengatakan, UPKS ini sebagai upaya penanganan penyandang disabilitas agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi panyandang disabilitas yang tanguh dan mandiri. Untuk pemeriksaan secara gratis, dilaksanakan mulai Selasa, 16 s/d 18 Mei 2017 di Panti Asuhan Miftahul Jannah Jepara.

Dikatakan Zahid, untuk pemeriksaan ini diikuti sekitar seratus penyandang disabilitas yang ada di tiap tiap kecamatan di Kabupaten Jepara. “Untuk tiap kecamatan rata rata antara 5 s.d 10 penyandang disabilitas yang mengikuti pemeriksaan,” ujarnya.

Untuk tim pemeriksa, diambilkan dari tenaga dokter dan psikolog dari beberapa rumah sakit di Jawa Tengah seperti RS Prof Suharosno Surakarta, RS Kariadi Semarang, RSJ Amino Gondo Utomo Semarang. “Untuk rehab medic, bagian mata, dan THT diambilkan dari RS Kariadi, selain itu juga ada beberapa psikolog dan panti social yang turut serta,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyandang Disabilitas Dinsos Provinsi Jateng Nanik Setyawati mengatakan hingga saat ini, lebih dari 4,9 juta penyandang kesejahteraan sosial yang ada di Jawa Tengah. Untuk itulah perlu dilakukan upaya penanganan terpadu, dari pihak provinsi dan daerah.

“Penanganan kesejahteraan sosial tidak mutlak menjadi kewenangan pemerintah pusat, namun bersama sama diselesaikan bersama stakeholder, dunia usaha dan lembaga yang bergerak di bidang social. Program UPKS merupakan salah satu kegiatan berbasis masyarakat khusus untuk penyandang disabilitas atau cacat. UPSK untuk mendekatkan pelayanan social daerah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat disabilitas,” tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.