Peran SPSI Tak Hanya Tukang Kutip Iuran Buruh Saja

by

Kudus, isknews.com – Peringatan May Day sebagai hari buruh Internasional di peringati hari ini, citra yang tercipta dalam masyarakat terhadap kalangan buruh sangat terkait dengan apa yang dilakukan oleh serikat pekerja. Salah satu parameternya adalah angka-angka partisipasi serikat pekerja pada advokasi problematika buruh dan tenaga kerja.

Organisasi Serikat Pekerja di dalam sebuah perusahaan, pernyataan dan tuntutannya dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945, Seperti diketahui, melalui serikat pekerja seharusnya banyak sekali hal positif yang diberikan dan dikembangkan kepada anggota sebagai bagian pekerja di sebuah perusahaan yang dilaksanakan secara terstruktur dan terprogram dengan baik melalui bidang masing masing, peran advokasi dan penjaga hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan.

TRENDING :  317 Pekerja PT Soloroda Indah Plastik Kecewa, Kembali Pengusaha Ingkari Kesepakatan Bayar Uang Tunggu

Serikat Pekerja harus benar benar menjadi sebuah payung yang melindungi para anggotanya, jangan hanya sibuk mengutip Check Off System (COS) atau semacam iuran wajib dari buruh saja, tetapi juga perjuangkan nasib mereka ketika mereka dalam kondisi sulit oleh kebijakan sepihak dari perusahaan.

Iuran Serikat Pekerja (SP) atau biasa disebut check off system (COS). memang aturan dari federasi/konfederasi yang biasanya dipotong 1% dari gaji pokok, dan itu untuk pembiayaan operasional SP dari tingkat Pimpinan Unit Kerja (PUK) hingga tingkat konfederasi (gabungan SP) dari cabang sampai pusat.

TRENDING :  Aksi May Day Di Kudus : "Sejahterakan Buruh, Evaluasi Nominal TPP PNS Kudus"
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*