Perayaan Idul Fitri Yang Berbeda di desa Durensawit kecamatan Kayen Pati

oleh
ISKNEWS.COM

Pati, isknews.com ( Lintas Pati ) – Perayaan malam Hari Raya Idul Fitri memang begitu semarak dilaksanakan di berbagai daerah. Mulai dari menggemakan kalimat takbir di masjid dan mushala, sampai arak-arakan keliling kampung dengan mengkonvoikan berbagai bentuk mainan yang sudah disiapkan jauh-jauh hari.

Namun, ada yang berbeda dengan perayaan malam lebaran hari pertama di desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati. Masyarakat desa tersebut, mulai dari anak-anak sampai orang tua berkumpul untuk menikmati indahnya malam di objek wisata Bukit Pandang yang sekarang ini memang sedang menjadi destinasi wisata favorit di Kabupaten Pati.

Mereka tampak menikmati indahnya suasana malam sekali sambil melantunkan kalimat takbir walaupun malam sudah hari kedua dengan diiringi berbagai alat musik tradisional. Lebih-lebih kegiatan tersebut semakin semarak dengan banyaknya kembang api yang diluncurkan untuk memenuhi langit di bukit tersebut.

TRENDING :  Camat Jekulo Instruksikan 12 desa Adakan Sholat Istiqo'

Pengelol Objek Wisata Bukit Pandang, Krisno mengatakan, kegiatan takbiran di tempat tersebut merupakan upaya masyarakat sekitar untuk bersyukur terhadap sang pencipta, lantaran telah diberi kekayaan alam yang melimpah.

TRENDING :  TMMD Bangun Semangat Gotong Royong dan Karakter Generasi Melenia

“Gema takbir di Bukit Pandang ini merupakan cara kami bersyukur, sekaligus bentuk upaya kami untuk merawat alam yang telah diberikan oleh sang pencipta,” ujarnya ketika ditemui di sela-sela acara, Sabtu (24/6/2017).

Ia juga memastikan, perayaan malam takbiran Hari Raya Idul Fitri di atas bukit ini merupakan satu-satunya di Kabupaten Pati, atau bahkan di Indonesia. Sehingga, harapannya, acara seperti ini bisa menjadi agenda tahunan di objek wisata yang baru dibuka selama lima bulan tersebut.

TRENDING :  Rumdis Pelda Lulus Lolos Wakili Lomba Tingkat Korem

“Semoga acara takbiran ini bisa terus dilakukan di tahun-tahun berikutnya. Sehingga perayaan hari kemenangan Umat Islam ini bisa lebih semarak,” tutupnya.(Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :