Perbedaan Kandungan Nutrisi Produk Susu dan Kental Manis

by
ISKNEWS.COM
Perbedaan komposisi kandungan nutrisi dari produk susu dan kental manis, Sabtu (07-07-2018). (Nila Nisawtul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Dengan adanya surat edaran dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang Label dan Iklan Produk Susu Kental Manis dan Analognya, seolah membuat masyarakat terbelalak.

Pasalnya selama ini masyarakat menganggap susu kental manis sebagai produk olahan susu yang menyehatkan. Dengan adanya surat edaran tersebut, kini masyarakat teredukasi bahwa susu kental manis bukanlah produk olahan susu, melainkan krimer atau sirup.

David Laksamana Caesar, SKM, M. Kes, mengungkapkan pada 2016, BPOM sudah mengeluarkan Perka BPOM No. 21 tentang Kategori Pangan, yang di dalamnya mencantumkan standar nutrisi pada produk olahan susu dan kental manis. Namun setelah melihat kandungan nutrisi produk kental manis yang melenceng dari ketentuan, maka BPOM akhirnya mengeluarkan surat edaran tersebut.

TRENDING :  Sempat Tertunda, 92 Jemaah Calhaj Dawe Akhirnya Dapatkan Imunisasi Meningitis

Dijelaskannya, standar kandungan nutrisi pada produk kental manis harus terdiri sekurangnya 8% lemak susu dan 6,5% protein (untuk plain -Red). Akan tetapi berjalannya waktu, kandungan dalam susu kental manis tidak sesuai lagi dengan standar dari BPOM.

TRENDING :  Stok Darah di PMI Jepara Minim

Berdasarkan survei yang isknews.com lakukan pada salah satu produk susu kental manis yang beredar di pasaran, terlihat kandungan lemak susu hanya sebesar 5%, protein sebesar 4% dan glukosa 7%.

TRENDING :  Personel dan Keluarga Kodim 0722/Kudus Dapat Sosialisasi BPJS

KOMENTAR SEDULUR ISK :