Percepat Tanam, Belasan Tentara ikut “Tandur”

by

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sebanyak 14 personil dari Koramil Tahunan turun ke sawah membantu petani tanam padi di sawah Dukuh Tendoksari, Desa/Kecamatan Tahunan, Kamis (4/1/2018). Belasan tentara itu menanam padi jenis Ciherang dan menggunakan pola Jajar Legowo.

Bati Tuud Koramil Tahunan Pelda Nurdin Malang Yudo mengatakan, belasan Babinsa Koramil Tahunan memang sengaja diturunkan membantu proses tanam padi untuk musim tanam (MT) I ini. Pelibatan tentara ini untuk membantu percepatan tanam lantaran sudah cukup mundur dari semestinya. “MT I ini mundur dari seharusnya, sehingga kita turunkan personil untuk membantu agar semakin cepat tertanam,” jelasnya.

Menurutnya, seharusnya MT I dimulai bulan Desember hingga Maret. Namun ini sedikit terlambat. Selain karena ini sawah tadah hujan, juga karena kekurangan tenaga tanam. “Sawah disini harus ditanami padi secara manual. Lantaran, jika menggunakan transplanter (alat tanam padi) kedalaman lumpur tidak memenuhi syarat,” imbuhnya.

TRENDING :  Hingga September 2017, Penderita TB di Jepara Tercatat Sebanyak 564 Kasus

Lebih lanjut Babinsa Desa Tahunan ini menyebut jika memakai transplanter, teorinya kedalaman lumpur minimal 20-35 cm. Hal itu untuk menghindari benih padi kembali tercabut karena kedalaman lumpur kurang dalam. “Total luas sawah disini sekitar 7 hektar. Namun yang tertanam baru 5 hektar sehingga butuh percepatan,” jelasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :