Perhatikan Hal Ini, Agar Tetap Sehat Selama Lebaran

by
Perhatikan Hal Ini, Agar Tetap Sehat Selama Lebaran ISKNEWS.COM
Foto: Opor ayam yang menjadi makanan khas lebaran bagi masyarakat Jawa, Senin (11-6-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Setelah menjalani ibadah puasa selama 30 hari penuh, saatnya umat muslim merayakan hari kemenangan. Saat hari kemenangan tiba, umat muslim akan dihadapkan dengan berbagai makanan lezat khas lebaran. Sebut saja, opor ayam, sambal goreng ati, rendang, gulai dan makanan berminyak lainnya.

TRENDING :  Hardiknas, Komandan Polsek Ini Pakai Baju Ala Siswa SD

Sebagaimana diketahui, makanan tersebut mengandung banyak kolestrol. Makanan berkolestrol tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan kontinyu akan menimbulkan dampak bagi kesehatan. Tak hanya itu, kebiasaan makan berlebih pada hari-hari di awal lebaran juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

“Pada bulan Ramadan, kita terbiasa berpuasa selama seharian. Saat lebaran tiba, kita cenderung balas dendam dengan mengkonsumsi banyak makanan dan hidangan lebaran. Hal ini merupakan sebuah kebiasaan yang salah,” kata dr. Budi Istriawan, Rabu (6-6-2018) saat ditemui di RS Aisyiyah Kudus.

TRENDING :  50 Hektare Lahan Disiapkan Kembangkan Lebah Madu di Kawasan Logung

Dijelaskannya, pada awal lebaran tubuh akan mengalami perubahan pola makan. Perubahan ini jika tidak disikapi dengan bijak, dapat memicu munculnya beberapa penyakit. Seperti penyakit hipertensi, maag atau gastritis dan stroke.

TRENDING :  Pembudidaya Lebah Madu Kudus, Harus Tingkat Kualitas Bukan Kuantitas

KOMENTAR SEDULUR ISK :