Peringatan Hari Otonomi Daerah, Kepala Daerah Diharapkan Tidak Takut Berinovasi

oleh
Foto: Upacara Hari Otonomi Daerah di halaman Kantor Bupati Rembang (Rendy/ISKNEWS.COM)

Rembang, ISKNEWS.COM – Dalam rangka peringatan hari otonomi daerah ke XXII tahun 2018, pemerintah Kabupaten Rembang menggelar upacara di halaman Kantor Bupati Rembang, Rabu (25-04-2018) pagi. Peringatan hari otonomi daerah itu mengangkat tema “Mewujudkan nawa cita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis”.

TRENDING :  Bupati Inginkan Tenaga Kerja Asal Rembang Harus Berkualitas

Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto selaku Inspektur Upacara membacakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam amanatnya, mengatakan inovasi daerah dinilai mampu menjadi solusi berbagai persoalan daerah dan menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing.

Menurutnya selama inovasi daerah dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan, pemerintah termasuk Menteri Dalam Negeri akan melindungi semua kebijakan inovasi tersebut.

TRENDING :  28 Jabatan Kades Di Blora Masih Kosong

“Saya ingin berpesan kepada kepala daerah untuk tidak takut berinovasi. Sudah ada jaminan perlindungan hukum bahwa inovasi tidak bisa dipidanakan,” kata Wabup Bayu mengutip amanat Mendagri.

Otonomi daerah telah membuahkan pemerintahan yang lebih responsif akan kebutuhan masyarakat setempat. Tak hanya itu saja peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial semakin tinggi.

TRENDING :  Tim Saber Pungli Jepara Dibentuk

Jika penyelenggaraan otonomi daerah bersih dan demokratis, kemudian didukung berbagai inovasi daerah maka bisa dipastikan Nawa Cita yang merupakan cita-cita bersama akan terwujud. (RTW/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :