Peringatan Hari Sampah, Pemkab Jepara Canangkan Gerakan TBBS

oleh
Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi
Foto: Saat Peringatan Hari Peduli Sampah, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mencoba motor ATV yang akan digunakan membersihkan sampah di pantai Kabupaten Jepara. (Zaki/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Peringati Hari Peduli Sampah (HPSN) Tahun 2018, Pemerintah (Pemkab) Jepara laksanakan apel sekaligus gotong royong membersihkan Pasar Jepara I dan II, yang berpusat di Halaman Terminal Jepara, Jumat (9-3-2018). Apel tersebut diikuti sekitar 200 orang dari seluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara, beserta komunitas dan warga masyarakat di lingkungan Pasar Jepara I dan II.

Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi yang bertindak sebagai pemimpin apel, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat. Terutama kepada DLH Kabupaten Jepara yang telah memprakarsai kegiatan ini, sebagai aktualisasi langkah kerja bersama, untuk peningkatan penanganan sampah dalam agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

TRENDING :  Sampai Desember 2018, Bawaslu Tangani Dua Dugaan Pidana Pemilu

“Grebeg sampah di Pasar I dan II Kabupaten Jepara ini sebagai simbol, miniatur, pilot project untuk grebek sampah di manapun, wilayah yang ada di Kabupaten Jepara. Semoga masyarakat secara individu, pribadi ini bisa mengikuti pada hari ini,” kata Ahmad Marzuqi.

Grebeg sampah dalam rangkaian peringatan HPSN 2018 ini, Ahmad Marzuqi berpesan kepada warga masyarakat di Kabupaten Jepara, agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan pengelolaan sampah. “Sehingga semangat membuang sampah ditempat yang telah disediakan ini harus menjadi perhatian, menjadi hal yang harus dipegang erat-erat oleh warga masyarakat di Kabupaten Jepara, lewat contoh dari para pengambil pemungut sampah yang ada, diantanya yang ikut apel di pagi hari ini,” ujar dia.

TRENDING :  Sanksi Tegas Menanti Bagi Pemotong Sapi Betina Produktif

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Jepara, Fatkhurrahman menyampaikan, gerakan TBBS akan berlangsung selama tiga bulan, dari tanggal 21 Februari 2018 hingga 21 April 2018. Untuk mencapai tujuan dari gerakan ini, dirinya menyebut telah dilaksanakan beberapa kegiatan. Diantaranya, Sosialisasi di media sosial dan media online, serta cetak, gerakan pungut sampah di beberapa tempat yakni, Desa Telukawur, pada saat Car Free Day (CFD) Jepara, Desa Tegalsambi, Desa Pekalongan, dan Desa Bucu.

TRENDING :  Puluhan Calon Petinggi Ikrar Damai Bersama

Kemudian, Kerja bakti pembersihan selokan di Desa Pekalongan, sosialisasi pengolahan sampah di Desa Batealit, dan Desa Bucu, dan Eco-Brick goes to school di MI Iqbal Tulakan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan secara simbolis 2 buah truck dump, 2 buah truck armroll, 1 buah mini dump truck, 5 buah kendaraan roda tiga, dan 3 buah kendaraan ATV untuk kebersihan pantai. (ZA/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :