Peringati Hari Jadi Rembang ke-276, Ziarah ke Makam Tokoh dan Pejuang

oleh

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Rembang yang ke-276 Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Rembang dan jajaran ASN hari ini, Selasa (25/7/2017) berziarah ke beberapa makam tokoh penting. Bupati Rembang H.Abdul Hafidz, S.Pd.I dan istri Hj.Hasiroh Hafidz, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Subakti berziarah di makam Mbah Sambu yang berlokasi di komplek masjid Jami’.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa Sayyid Abdurrohman, nama asli Mbah Sambu, dan tokoh lainnya yang juga dimakamkan di sana seperti  KH. Badlowi, RM Tejakusuma I mempunyai nama lain Kyai Ageng Punggur dan Mbah Srimpet merupakan tokoh agama dan pejuang pada zamannya.

TRENDING :  Penuhi Kriteria Adipura, Bupati Tinjau Langsung Wilayah Kota

Agenda ziarah sendiri bertujuan untuk mengenang dan mendoakan kepada mereka yang telah berjuang di masa lalu. Selain itu berziarah juga diharapkan bisa mengingatkan semuanya yang masih hidup akan kembali kepadaNya.

Sementara Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto, SE beserta istri Vivit Dinarini A S.Farm, Apt  berziarah di makam RMAA Djojo Adiningrat dan Raden Ayu Kartini di Bulu. Dandim 0720 Rembang Letkol Darmawan Setiady di makam pahlawan Giri Bhakti Rembang, kemudian Kapolres Rembang Pungky Bhuana Santoso ke makam petilasan Sunan Bonang dan Ketua Pengadilan Negeri Rembang Dzulkarnain, S.H., M.H berziarah ke makam Krapyak makam R.Islan Soebroto. Sedangkan Kajari Nurrohman, SH Rembang berziarah ke makam Pangeran Sedo Laut di Kauman dan Ketua DPRD Majid Kamil ke makam Noto Prajan di Kabongan Kidul.

TRENDING :  PR Sukun Selenggarakan Khitan Massal Keluarga Wartono
TRENDING :  DJARUM FOUNDATION GELAR PAMERAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Selain ziarah, kegiatan lain dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Rembang ke -276 yaitu malam tirakan tanggal 26 Juli, 27 Juli upacara hari jadi dengan seluruh peserta mengenakan pakaian adat seperti beskap dan kebaya. Siangnya dilanjutkan dengan kirab budaya dan malam harinya pagelaran seni ketoprak di alun-alun setempat. (Mcs)

KOMENTAR SEDULUR ISK :